Iksapansa

Sebagai makhluk sosial atau ciptaan Tuhan, kita tidak pernah lepas dengan yang namanya makhluk berkelompok, komunitas dan populasi. Hingga eksistensinya kata tersebut kita mengenalnya sebagai organisasi, dan di Annuqayah terdapat yang namanya organisasi IKSAPANSA.

Pada dasarnya latar belakang didirikannya IKSAPANSA berangkat dari kesadaran santri yang berasal dari Pamekasan dan Sampang akan ketidak tersediannya wadah untuk mengembangkan potensi pada diri mereka dan juga dengan banyaknya wilayah-wilayah atau daerah-daerah lain yang telah membentuk wadah yang serupa.

Selain itu juga sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi bagi para santri yang berasal dari Pamekasan dan Sampang serta untuk mempermudah membentuk insan organisatoris yang tumbuh dari santri yang berasal dari Pamekasan dan Sampang. Selain dari itu semua, juga sebagai ajang pembelajaran agar nantinya outputoutput IKSAPANSA tidak canggung lagi untuk berhadapan dengan masyarakat serta dapat menjadi tumpuan bagi setiap permasalahan yang ada pada masyarakat.

Dan ada juga yang mengatakan sebagai wadah untuk melatih berbagai bakat dari santri Annuqayah dari kabupaten Pamekasan dan Sampang. Juga mempererat tali persaudaraan.

Dalam proses lahirnya IKSAPANSA sejarah mencatat bahwa IKSAPANSA didirikan oleh bapak Asqiel, Bapak Muzayyin, Bapak Abrori, beliau-beliau merupakan aktivis organisasi itu terbukti oleh keaktifannya di pelbagai organisasi lain. Misalnya menjadi pengurus Persatuan Santri Lenteng (PERSAL) yang mana organisasi ini mayoritas terdiri dari santri yang berasal dari Lenteng dan juga merupakan pengurus organisasi Ikatan Keluarga Remaja Gili Genting (IKRAGIL) dan sejarah keleluhuran iksapansa ini selaras dengan catatan yang dicatat oleh bapak muhawi S. Pd.I. dan bapak Abdul Muqit S. Pd.I yang menjadi penguat terhadap validnya catatan informasi ini. Akan tetapi perspektif Moh. Cholid terkait nama-nama pendiri IKSAPANSA dia menyatakan bahwa bapak Mudha’i termasuk di dalamnya.

Mengenai tahun berdirinya IKSAPANSA dari beberapa pemaparan senior Iksapansa bahwa IKSAPANSA berdiri pada tanggal 03 bulan Nopembertahun 1992.

Sebenarnya, dulu anggota IKSAPANSA tidak hanya dikhususkan untuk santri yang berasal dari daerah kabupaten Pamekasan dan Sampang, tapi ada juga beberapa yang berasal dari luar kabupaten Pamekasan dan Sampang, seperti, Sumenep dan Jawa, meskipun itu hanya beberapa persen saja, juga tidak hanya dikhususkan untuk santri Lubangsa saja, tapi juga berasal dari seluruh daerah di Annuqayah, mungkin karena melihat kondisi saat itu, dimana santri-santri Annuqayah tidak sebanyak sekarang ini, maka dari itu semua santri Annuqayah diperbolehkan ikut dalam organisasi ini.

Seiring berjalannya waktu, organisasi IKSAPANSA pun hanya dikhususkan untuk santri Lubangsa saja, karena memang pusat organisasi ini berada di Lubangsa, juga setelah itu, organisasi IKSAPANSA hanya dikhususkan untuk santri yang hanya berasal dari daerah Pamekasan dan Sampang saja, meskipun ini baru terlaksana kemarin-kemarin ini. >>