Iksaputra Awali Ramadhan dengan Kegiatan Positif

Iksaputra Awali Ramadhan dengan Kegiatan Positif

0
142
K.H. Hanif Hasan saat memberikan tausiyah pada acara Temu Alumni dan Temu Wali Anggota

Lubangsa_Dua hari pasca liburan, Sabtu (4/5), Ikatan santri pantai utara (Iksaputra) bergegas melaksanakan kegiatannya. Serangkaian kegiatan yang dikemas dalam Ramadhan Berkah Bersama Iksaputra (RABBI) tersebut langsung dibuka dengan acara Temu Alumni dan Wali anggota guna memasrahkan setiap kegiatan yang dilakukan santri kepada wali dan alumni agar setiap kegiatan selama liburan panjang mengarahkan kepada hal-hal yang positif, serta dapat dikontrol dan terpantau secara langsung oleh wali dan alumni. Sebagaimana yang disampaikan oleh K.H. Hanif Hasan selaku perwakilan masyaikh Pondok Pesantren Annuqayah saat memberi tausiyah pada kesempatan tersebut perihal penjagaan moral santri selama liburan panjang Ramadhan.

Disamping itu, acara Temu Wali dan Alumni tersebut dipandu oleh salah satu perwakilan alumni tahun 2017, yaitu saudara Hayatullah Fudhaili sekaligus mantan Ketua Iksaputra 2015-2016 M., sebagai pengganti dari K. Ali Mufti Ahmad yang berhalangan hadir. Kegiatan yang paling ditekankan saat liburan santri adalah mengutamakan kegiatan yang berbau positif. M. Mahrus Ali sebagai penanggungjawab terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan RABBI berharap penuh pada alumni dan wali untuk bergabung dengan Iksaputra. “mengingat hingga tanggal 27 Ramadhan akan ada begitu banyak kegiatan, Iksaputra akan melaksanakan berbagai kegiatan dan semoga hal ini menghindari dan menjauhkan putra-putri bapak sekalian dari kegiatan dan perilaku tidak baik, sehingga patut kiranya adanya dukungan dan dorongan penuh wali dan alumni untuk ikut serta mensukseskan acara kegiatan Ramadhan Berkah Bersama Ikssaputra (Rabbi) selama bulan ramadhan,”ungkapnya, saat memberikan sambutannya.

Abdurrahman salah satu wali anggota putri sekaligus mantan Ketua Iksaputra mengajukan pertanyaan tentang kebijakan santri skorsing yang banyak dikeluhkan wali lantaran banyak santri sakit yang tidak diperkenankan pulang perihal aturan skorsing. Hal ini direspon oleh Ustaz Sutikno sebagai pengurus Hubungan Masyarakat (Humas) PP. Annuqayah daerah Lubangsa, bahwa terkadang ada sebagian santri sakit hanya dijadikan sebagai landasan semata, maka dengan adanya peraturan tersebut tidak lagi menjadi landasan untuk bermain-main. Ditambah lagi dengan pengokohan Maswari S. Pd. I sebagai anggota istimewa Iksaputra sekaligus mantan Pengurus Pendidikan Pengajaran dan Pengembangan Keilmuan 2017-2019 M. Dirinya berharap agar wali bersikap pro aktif dan mendukung setiap apa yang dilakukan oleh Lubangsa, “semua ini demi kebaikan putra-putri bapak sekalian,” ujarnya.

Dilanjutkan dengan cerita seputar sejarah dan pengalaman-pengalaman para pendiri dan sesepuh Iksaputra diantaranya adalah yang disampaikan oleh K.H. Fathorrahman, salah satu pendiri Iksaputra. “Organisasi Iksaputra adalah Organisasi terbesar se-4 kecamatan, mulai dulu Iksaputra selalu memberikan pembaharuan di tengah-tengah masyarakat.” Paparnya dengan lantang seraya menyemangati seluruh peserta yang hadir.

Selain itu juga K. Qurdi Khan juga memberikan semangat khususnya bagi pengurus Iksaputra bahwa Iksaputra sudah banyak melahirkan pemimpin dan akan melahirkan pemimpin di masa depan dengan tetap istiqamah berproses, dengan ikhlas berpartisipasi dalam semua kegiatan dan tidak hanya setengah-setengah. K. Yus Salam Muhammad juga memberikan pencerahan, “karena Iksaputra, banyak kader Iksaputra sukses dan tidak diragukan dalam semua bidang,” tuturnya.

Program RABBI ini kemudian dilanjutkan dengan Bakti Sosial (Baksos) yang dilaksanakan di dua tempat pada waktu yang berbeda, yaitu di pemakaman warga di Desa Bukabu, Ambunten pada Selasa (7/5) dan kantor serta sepanjang jalan kantor Kecamatan Rubaru pada Jum’at (10/5). Kegiatan Bakti Sosial ini membawa kesenangan tersendiri bagi warga dan pemerintah setempat mengingat, “Jarang-jarang saat liburan Santri turun tangan bersih-bersih dan bersosial, ” ujar Syamsuri seorang  warga saat dimintai keterangan perihal kegiatan Baksos Iksaputra tersebut.

Pada perkembangannya Iksaputra baru saja melaksanakan Khotmil Qur’an di desa Soddara. “Kegiatan Khatmil ini diharapkan menjadi poros pengikat yang kukuh Hablum Minannas, Hablum Minallah.” ujar Musyawwiqurrahman, Ketua Forum Alumni (FA),. “Sehingga, saya harap bapak-bapak mengompakkan barisan dan mengizinkan serta mendukung putra-putri bapak-bapak bergabung dengan kami.” tegasnya penuh harap.


Penulis :  Moh. Ali Fikri

Editor : Abd. Warits  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.