Ikstida Kenalkan Budaya Daerah Melalui Mahakarya

0
243

Lubangsa Putri – Agenda Tahunan Gubuk Kreasi dan Maha Karya Ikatan Keluarga Santri Timur Daya (IKSTIDA) kembali digelar pada Kamis, 29 Maret 2019 kemarin.  Event ini sekaligus menjadi kegiatan pamungkas Oraganisasi Daerah yang menaungi 4 kecematan timur kota ini. Gubuk Kreasi juga menjadi ajang evaluasi keberhasilan program kerja melalui kompetisi  antar organisasi otonom yang bernaung di bawahnya.

Melalui tema ‘Kembali Ke Masyarakat’ IKSTIDA mencoba menghadirkan kembali nuansa budaya timur daya yang saat ini mulai terkikis bahkan tidak diketahui oleh warganya sendiri. Ragam lomba yang diselenggarakan, penampilan pentas mahakarya dengan nuansa budaya Timur Daya merupakan upaya kompleks menutup agenda program ‘Kemasyarakatan’ yang menjadi perioritas organisasi tahun ini.

“Memang kami upayakan program yang kami selenggarakan berorientasi pada ke-timur daya-an, baik dari sisi kultural, tradisi keagamaan dan lainnya, karena ini merupakan salah satu upaya kami mewujudkan visi Organisasi Daerah”, jelas Siti Umamah ketua Umum IKSTIDA menyampaikan.

Melalui acara ini pula, Ikstida hendak memperkenalkan potensi budaya serta adat kurturalnya sebagai salah satu kekayaan yang dimiliki ke pada hal layak. sebab di Lubangsa, walaupun sebagian besar santri berasala dari Sumenep, tidak keseluruhan yang mengetahui dan mengenal budaya-budaya Sumenep, termasuk di Timur Daya.


Penulis: Fadhilatul Ayni

Editor: Nuri Khalishatin Nafisah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.