Kompas

Komunitas Pecinta Alam Sehat (KOMPAS) adalah sebuah organisasi yang berada di bawah naungan UKPP, yang berdiri pada tanggal 18 April 2008. Dan orang yang mempelopori ialah Moh. Zainuddin dari Lenteng. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi pendirian Kompas, yaitu:

  1. Tidak adanya kader yang akan menggantikan pengurus UKPP setelah ada yang berhenti mondok.
  2. Karena adanya sebagian santri yang sudah mendirikan Kompas terlebih dahulu sebelum bersosialisasi kepada pengurus UKPP atau KPO.  Mereka adalah M. Bakri, Sukron, dan Ali Wafa.

Maka dari itulah pada tahun 2008 pengurus UKPP ataupun KPO bersosialisasi kepada santri yang sudah mendirikan Kompas terlebih dahulu untuk menindaklanjuti dan meresmikan berdirinya Kompas.

Pada tahun 2008-2009 M., ketua Kompas adalah Ahmad Fauzan, sampai 2009-2010 M. Dan pada saat itu kepengurusan Kompas hanya terdiri harian saja. Mereka adalah Ahmad Fauzan, Moh. Nasiri, Mawardi, Ibnu Hajar. Anggota Kompas pada periode 2009-2010 sekitar 20 orang, dan belum ada penerimaan anggota baru. Baru pada tahun 2010-2011 M., periode Moh. Askianto diadakanlah penerimaan anggota baru, dan penyempurnaan struktur dengan ditambah divisi-divisi.

 

Visi

Terbentuknya santri yang mampu mewujudkan pemahaman tentang pengobatan tradisional dan dapat melaksanakan amanah serta tetap berpegang teguh dalam kepesantrenan.

Misi

Menumbuhkan kualitas pemikiran yang tertuju kepada masalah kesehatan dan mengedepankan solidaritas antar sesama manusia. >>