Lubangsa Putri Isi 10 Muharram Dengan Kegiatan Sosial

0
285
Salah kegiatan bakti sosial bersama Lubangsa Putri, Kamis 20 September 2018. Foto: Anec Fadia

Lubangsa Putri – Tahun barun baru hijriah 1440 tahun ini disambut antusias oleh santri PP. Annuqayah Lubangsa Putri. Beragam kegiatan dilaksanakan dengan mengatasnamakan organisasi dan instansi. Selain puasa sunnah dan buka puasa bersama, mereka juga merayakan pergantian tahun baru umat muslim tahun ini dengan beragam kegiatan sosial.

Puncaknya, pada kamis 10 Muharram 1440 H bertepatan dengan 20 September 2018 M kemarin, PP. Annuqayah Lubangsa Putri menyelenggarakan kegiatan baksos berbentuk santunan fakir miskin dan anak yatim yang disebar ke seluruh kawasan Sumenep-Pamekasan melalui organisasi daerah dengan pendampingan pengurus Harian dan pengurus Pembinaan dan Pengembangan Organisasi (P2O).

Walaupun pemberian baksos hanya diwakili oleh beberapa orang delegasi Orda, seluruh santri Annuqayah Lubangsa Putri berpartisipasi pada kegiatan ini, sebab sumber dana pelaksanaan kegiatan adalah melalui donasi santri. Melalui kegiatan ini pesantren hendak menunjukkan perannya sebagai lembaga yang tidak hanya fokus pada pengembangan pendidikan dan pengetahuan, melainkan juga meluas pada ranah sosial kemasyarakatan. Melalui kegiatan ini pula, pengurus pesantren hendak melatih kepekaan santri terhadap urusan-urusan sosial, mengajari mereka arti bahagia melalui berbagi.

Terlepas dari alasan itu, pelaksanaan program insidentil ini memberi peluang besar terhadap organisasi daerah untuk kembali unjuk eksistensi di masyarakat, setelah tiga tahun lebih program sosial kemasyarakatan organisasi daerah dibatasi.

“Hadirnya organisasi daerah di Lubangsa adalah untuk melatih kita adab bersosial yang baik. Melalui kegiatan itu kami tidak hanya menggenggam tujuan luhur itu dalam bentuk kata, melainkan dapat langsung mengaplikasikannya melalui gerak nyata”, tutur Faiaqatul Khairiyah, ketua orda Persal ketika ditanya pendapatnya tentang program ini.


Penulis: Fadhilatul Aini

Editor: Raudhatul Jannah B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.