Melatih Kedisiplinan, Pengurus MD. BAW Sanksi Siswi Alpa

0
241
Siswi alpa membersihkan lokasi di sekitar gedung MD. BAW. Foto: Iman.

Lubangsa Putri-Pengurus Madrasah Diniyah Baramij al-Tarbiyah wa al-Ta’lim (MD. BAW) memberikan sanksi untuk siswi diniyah yang alpa sebanyak empat kali dalam sebulan pada Jumat (27/09). Sanksi ini dilakukan untuk memberikan efek jera, juga untuk melatih kedisiplinan siswi.

Anis Sulalah, pengurus diniyah bagian kesiswaan (Qism al-Thullâbiyah) yang menangani alpa siswi ini mengatakan (27/09), “penyebab siswi alpa itu beragam. Ada yang katanya capek untuk masuk, ada karena sakit tapi tidak ada suratnya. Untuk bulan Agustus, ada 20 siswi yang disanksi dan 40 untuk September. Meningkat dua kali lipat.”

“Siswi diniyah yang disanksi merupakan siswi diniyah yang alpanya empat kali dalam sebulan. Jika alpa tersebut terulang untuk kedua kalinya, maka hal tersebut akan dilaporkan kepada wali kelas dan wali siswi. Bila masih diulangi, siswi tersebut harus membuat perjanjian dengan wali kelas, juga wali siswi.” terang Rahmaniyah (27/09), pengurus diniyah bagian kesiswaan.

Fitriyatut Tamami, Mudirah MD. BAW, berharap angka tersebut mengalami penurunan pada bulan-bulan selanjutnya. Sanksi, menurutnya, dilakukan bukan untuk mengintimidasi, tetapi lebih kepada membentuk kedisiplinan siswi. “Kalau tidak disanksi, mereka (siswi alpa) keenakan.” pungkasnya.


Penulis: Nur Fadiah Anisah

Editor: Nuri Kh. Nafisah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.