Kepengurusan

Awalnya, managemen PP. Annuqayah Lubangsa tidak jauh beda dengan saat ini, namun sifatnya masih sederhana sesuai dengan kebutuhan pada waktu itu, misalnya Pengurus Kebersihan, Sarana dan Pra Sarana, dll. Namun, karena berbagai perkembangan yang terjadi selanjutnya, termasuk bertambahnya jumlah santri maka kebutuhan pelayananpun semakin meningkat. Sehingga, pada 1969 sistem kepengurusan lebih diformalkan seperti adanya ketua, sekretasis, bendahara, dan seksi-seksi (sesuai kebutuhan saat ini, seksi KP2, P2PK, PK, KPO, P2O, KESENIAN, KAMTIB, dll.). Dibentuknya sistem kepengurusan bertujuan dalam rangka membantu tugas-tugas pengasuh seperti dalam bidang Keamanan, bidang Pendidikan, dan lain-lain.

Pada masa bakti 2015-2017 ini, kepengurusan PP. Annuqayah Lubangsa lebih kompleks, dengan ditambah 3 struktur lagi, yakni Wakil Ketua (Waka) III yang bergerak dalam urusan hubungan kemasyarakatan, kemitraan, publikasi umum; seksi Bimbingan dan Konseling (BK) yang berfungsi menangani permasalahan-permasalahan santri, khususnya yang berhubungan dengan kepesantrenan; dan seksi Unit Usaha yang mengurusi usaha-usaha pondok pesantren.

Sampai saat ini, PP. Annuqayah Lubangsa memiliki 14 struktur kepengurusan, yaitu: Penasehat; Harian, yang meliputi Ketua, Wakil Ketua (Waka) I, Waka II, dan Waka III; Sekretaris, terdiri dari Sekretaris I dan Sekretaris II; Bendahara, terdiri dari Bendahara I dan Bendahara II. Kemudian, seksi Keamanan dan Ketertiban (KAMTIB); Pengadaan Sarana dan Prasarana (PSP); Blok; Kebersihan dan Pelestarian Lingkungan (KPL); Kesehatan dan Pembinaan Olahraga (KPO); dan Unit Usaha. Keenam seksi ini berada di bawah naungan dan pengawasan Wakil Ketua (Waka) I.

Selanjutnya, seksi Pendidikan, Pengajaran dan Pengembangan Keilmuan (P2PK); Peribadatan dan Kepesantrenan (PK); Penerangan dan Pembinaan Organisasi (P2O); Kepustakaan, Penerbitan dan Pers (KP2); Kesenian; serta Bimbingan dan Konseling (BK). Keenam seksi ini berada di bawah naungan Wakil Ketua (Waka) II.

Adapun struktur kepengurusan PP. Annuqayah Lubangsa secara lebih detil adalah sebagai berikut: