Acara Peringatan Hari Lahir Iksaputra XXXVI Berlangsung Khidmat

0
445

Lagi-lagi pengurus Iksaputra kembali disibukkan dengan kegiatan tahunan yang memang menjadi kegiatan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan yang ada di Iksaputra, yakni Peringatan Hari Lahir (Harlah) Iksaputra, saat itu sudah peringatan ke-36. Acara yang dilaksanakan pada Kamis (12/05)  di desa Batubelah Timur Dasuk Sumenep berjalan dengan lancar.

Selain untuk memperingati kelahiran Iksaputra, serta untuk mengenang jasa-jasa para pejuang Iksaputra yang terdahulu, kegiatan ini sebagai kegiatan yang berintraksi langsung dengan masyarakat. “Jadi dengan adanya kegiatan ini, anggota dan pengurus Iksaputra bisa terjun langsung ke masyarakat,” tutur Uswatun Hasanah, ketua Iksaputra putri dalam sambutannya.

KH. M. Syafi'i Anshori, Pengasuh PP. Annuqayah saat memberikan sambutan
KH. M. Syafi’i Anshori, Pengasuh PP. Annuqayah saat memberikan sambutan

Pengurus yang berasal dari Ambunten menambahkan, “Kegiatan peringatan Harlah Iksaputra ini memang tidak selalu bertepatan langsung dengan hari lahir Iksaputra yang sesungguhnya, yakni tanggal 9 bulan April. Hal itu dikarenakan kagiatan ini bekerja sama  langsung dengan masyarakat, jadi sangat sulit untuk menempatkan acara ini tepat pada hari lahir Iksaputra yang sesungguhnya,” ujarnya di depan seluruh anggota Iksaputra putra dan putri serta seluruh masyarakat desa Batubelah Timur.

Cuaca sebelum dimulainya acara sempat mencemaskan hati para pengurus Iksaputra dan tuan rumah, karena adanya hujan deras yang mengguyur. Tapi, setelah acara hampir dimulai, hujan berhenti. Cuaca kembali cerah seperti yang diharapan bersama. “Alhamdulillah hujan segera berhenti dan cuaca kembali cerah, jadi tidak ada yang perlu dihawatirkan lagi,” ujar Syamsul Ma’arif, ketua panitia, seraya tersenyum bahagia sambilalu menumpukkan tanah pada lokasi acara yang digenang air. “Semua ini berkat doa dan ikhtiar anggota dan panitia yang setiap malam pergi ke asta alm. KH. A. Warits Ilyas,”  tambah Ahmad Munawwir MF, selaku ketua Stering Committee (SC).

K. Ali Mufti Ahmad, Alumni Iksputra, sedang memberikan sambutan
K. Ali Mufti Ahmad, Alumni Iksputra, sedang memberikan sambutan
Ali Mufti Ahmad, koordinator alumni Iksaputra menuturkan kebanggannya kepada anggota Iksaputra dalam sambutannya pada acara tersebut. Menurutnya, menyelenggarakan acara semeriah tidaklah mudah, apalagi sampai bekerja sama dengan masyarakat. Jadi beliau merasa bangga dengan jerih payah anggota Iksaputra dalam menyukseskan acara ini. Acara ini juga sebagai salah satu bentuk untuk mengenang jasa-jasa para pejuang anggota Iksaputra tempo dulu, jadi dengan begitu acara ini menjadi salah satu acara yang sangat penting untuk diprogramkan oleh adik-adik pengurus Iksaputra. Begitulah sambutan mewakili seluruh alumni Iksaputra di depan seluruh anggota.

Acara ini juga dihadiri langsung oleh KH. M. Syafi’i Anshari, selaku wakil dari pengasuh PP. Annuqayah Lubangsa yang berhalangan hadir. Beliau juga mengapresiasi atas diselenggarakannya acara ini, serta menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat setempat jikalau nantinya ada tingkah laku santri yang kurang sopan, karena mereka saat ini masih dalam tahap pembelajaran untuk menyesuaikan diri dengan masyarakat.

Untuk lebih mengkhidmatkan acara, maka panitia menghadirkan penceramah KH. Abd. Malik Hasan, pengasuh Pondok Pesantren Darul Hasan, Bicorong, kecamatan Pakong, kabupaten Pamekasan. Hal itu disambut hangat oleh anggota Iksaputra. Mereka tampak antusias menikmati ceramah yang disampaikan oleh muballigh. Sampai ceramah keagamaan selesai, tidak ada satupun anggota yang tidur. Itu menunjukkan sumringah anggota menyambut kehadiran muballigh dari Pamekasan itu.

Akhirnya, sekitar jam 01:00 WIB., acara pun selesai dengan sukses. Seluruh anggota kembali berbondong-bondong naik ke mobil rombongan untuk kembali pondok tercinta. [Imam SA.]


Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak