Bentuk Jiwa Militansi Anggota Baru dengan Orientasi Orda

0
478
salah satu anggota Orda saat menyimak penyajian

Lubangsa Putri- Pengurus Pembinaan dan Pengembangan Organisasi (P2O) adakan orientasi Organisasi Daerah (Orda) serentak yang dikoordinir oleh pengurus Orda masing-masing kemarin, 27 September hingga 06 Oktober 2019.

Kegiatan orientasi Orda ini dilaksanakan selama sepuluh hari. “Acara orientasi ini memang dilaksanakan selama sepuluh hari. Sepuluh hari bersama Orda masing-masing sesuai nomor undi yang telah diambil oleh kelima ketua Orda. Jadi kami beri kesempatan dua hari setiap Orda untuk melaksanakan acara orientasi Orda kepada anggota baru. Harapannya kegiatan ini bisa menjadi awal bagi anggota untuk mengenal Orda masing-masing dan bisa menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap Orda mereka.” Ucap Hikmatul Jannah, Koordinator Pengurus P2O.

Bapak Akmal, salah satu penyaji di acara orientasi Orda Persal. Foto: Nur Fadia A

Orda Persal

Orientasi Orda Persatuan Santri Lenteng (Persal) dilaksanakan pada tanggal 27-28 September 2019 yang bertempat di Aula MTs 1 Putri Annuqayah Lantai II. Kegiatan ini diikuti oleh 38 anggota baru Iksaputra.

“Tema yang kami angkat pada acara orientasi kali ini yakni Aktualisasi Organisasi sebagai Media Sosial ala Nabi. Kami juga menformat acara ini dengan penyajian yang menyajikan informasi seputar Orda Persal. Studium General diisi oleh Bapak Akmaluddin, salah satu Alumni Annuqayah Lubangsa.” Ujar Lu’luatul Kamalia, ketua Orda Persal 2019-2020.

Anggota baru Iksapansa saat mengikuti acara orientasi, gathering. Foto: Uzlifatul J

Orda Iksapansa

Orientasi Orda Ikatan Santri Pamekasan Sampang (Iksapansa) dilaksanakan pada tanggal 29-30 September. Kegiatan ini bertemakan ‘Ta’aruf Iksapansa membentuk Santri berjiwa Organisasi Kepesantrenan’ yang diikuti oleh 34 anggota baru bertempat di Aula Mts 1 Putri Annuqayah lantai II.

“Alhamdulillah, acara orientasi ini bisa terlaksana dengan lancar. Acara Gathering kali ini memang kami kemas berbeda dengan sebelumnya. Selain untuk mengenalkan apa itu Orda Iksapansa kepada seluruh anggota, kami juga mencoba membiasakan anggota untuk terbiasa tidak menggunakan sesuatu yang menimbulkan sampah plastik yakni dengan anggota membawa botol minuman sendiri. Semoga usaha ini bisa membuahkan hasil sedikit demi sedikit” ungkap Winda Lusiani, Ketua Orda Iksapansa 2019-2020.

Panitia Gathering (Red. nama kegiatan orientasi) dan anggota baru  Iksapansa mengikuti acara ini dengan khidmat. Penyajian materi dikenalkan kepada seluruh anggota baru. ”Studium General diisi oleh Bapak Hairil Anwar, Alumni asal Kadur Pamekasan. Sedangkan materi I Iksapansa Present and Future diisi oleh Saudara Nurul Iman, Ketua Orda Iksapansa 2017-2018 asal Palengaan Pamekasan dan materi II Iksapansa masa lalu diisi oleh K. Abrori, alumni asal Pamekasan” Ujar Alfa Salamah selaku ketua panitia Gathering 2019.

Pose Anggota baru Orda Iksagg bersama penyaji, Ustazah Mahfudzah.

Orda IKSAGG

Orientasi Orda Ikatan Santri Annuqayah Guluk-Guluk Ganding (IKSAGG) digelar pada tanggal 01-02 Oktober 2019 bertempat di Aula MTs 1 Putri Annuqayah lantai II.

Orda nomor undi ke empat ini mengangkat tema ‘Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan didalam Organisasi Santri’. “Seluruh anggota baru mengikuti acara ini dengan semangat. Mereka mengikuti serangkaian acara yang sudah disusun oleh panitia yakni berupa penyajian Studium General yang diisi oleh Bapak Moh. Khalili S.Pd. dan materi sejarah IKSAGG diisi oleh Saudara Mahfudzah, salah satu alumni PP. Annuqayah Lubangsa Putri.” Ujar Vinnatul Jamilah, Ketua Orda IKSAGG 2019-2020.

Foto panitia bersama anggota baru Orda Iksaputra

Orda Iksaputra

Orientasi Orda Ikatan Santri Pantai Utara (Iksaputra) digelar pada tanggal 03-04 Oktober 2019. Kegiatan orientasi Orda sebelum terakhir ini mengangkat tema ‘ Akhlaq Terpuji, Militan Organisasi’, yang bertempat di Aula MTs 1 Putri Annuqayah.

“Kami melaksanakan orientasi ini selama dua hari yang dikemas dengan tiga materi penyajian. Studium General diisi oleh Saudara Lutfiyah, materi I Sejarah Iksaputra diisi oleh bapak Fathor Rahman, Materi II Keorganisasian oleh Saudara Ulfatul Yusro dan materi III general review oleh saudara Afifatul Qonita.” Ujar Hozaimatun, ketua Orda Iksaputra 2019-2020.

Orda Ikstida

Orientasi Orda Ikatan Keluarga Santri Timur Daya (Ikstida) dilaksanakan pada tanggal 05-06 Oktober 2019. Panitia Masa Penerimaan Anggota Baru (MANTAB) Orda Iktida gelar pembukaan MANTAB yang bertempat di Aula MTs 1 Putri Annuqayah lantai III dengan tema ‘Meneguhkan militansi organisasi pada generasi santri milineal’. acara ini dihadiri oleh seluruh Pengurus Ikstida, Pengurus P2O, seluruh ketua Orda dan 34 anggota baru yang terdata.

Usai pembukaan, penyajian materi dikenalkan kepada anggota baru. Studium General diisi oleh Bapak Rusdoyono, salah satu alumni asal Batang-Batang. Selain itu juga Saudara Nur Faizah, ketua Orda Ikstida masa bakti 2019-2020 menuturkan “ Materi I yakni selayang pandang Ikstida dan empat otonom dibawah naungannya yang disampaikan oleh saya sendiri (Red. Ketua Ikstida), Anis Safitri ketua otonom Ikatan Keluarga Santri Batang-Batang Dungkek (Iksabad), Siti Nasifah Aviana ketua otonom Ikatan Keluarga Santi Batuputih (Iksbat), Rafiqah ketua otonom Persatuan Santri Gapura (Pasra) dan Elikatus Sukma ketua otonom Ikatan Keluarga Santri Annuqayah Legung (Iksal). Sedangkan penyajian materi II yakni Soft Skill dan Motivasi Keorganisasian yang diisi oleh Saudara Raudlatul Jannah asal Gapura” Ujarnya.


Penulis: Nurul Iman

Editor: Nur Fadiah Anisa

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak