Bersama GP Ansor, Iksaputra Eratkan Solidaritas

0
177
Gayeng bersama GP Ansor; Pengurus Iksaputra perluas jaringan.

Lubangsa_Tak ada henti-hentinya Iksaputra memperkuat solidaritas antara anggota, pengurus, dan alumni. Kali ini, untuk menguatkan kesolidan tersebut, Iksaputra bekerjasama dengan Ranting Cabang Ansor Rubaru mengadakan khatmil quran yang bertempat di Basoka, Rubaru, di rumah Asrori pada 20 Ramadhan 1442 H. Khatmil Iksaputra bersama pemuda Ranting Ansor Rubaru tersebut diadakan dalam rangka menyambut malam Lailatul Qadar. Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan Cabang GP Ansor Rubaru, Senior dan anggota Iksaputra, kader-kader penggerak GP Ansor, serta turut pula  mengundang masyarakat setempat guna menjalin silaturrahim bersama.

     Asrori selaku senior Iksaputra sekaligus Sekretaris Cabang GP Ansor Rubaru menuturkan bahwa kerjasama tersebut dilakukan guna memperkuat solidaritas antara Iksaputra dan alumni, mengingat ada banyak alumni Iksaputra yang turut berkecimpung dalam Gerakan Pemuda Ansor. “Ini merupakan salah satu cara bagaimana tradisi lebur akompol (baca:senang berkumpul) di Iksaputra tetap langgeng.” terang pemuda yang kerap disapa Asror itu. Selain itu, sharing-sharing dengan alumni pun dilakukan demi langkah progresif Iksaputra kedepan.

      Juru Komunikasi dan Informasi kegiatan Iksaputra selama Ramadhan, Miftahul Ulum, menuturkan bahwa ide tersebut muncul ketika Iksaputra berkumpul dengan alumni pada kegiatan khatmil quran sebelumnya. “Ini yang kami nanti-nanti. Tidak ada jarak antara Iksaputra dengan alumni.” Ungkapnya. Meski pandemi covid-19 belum reda, semangat anggota dan pengurus Iksaputra tidak juga reda. Terbukti dengan banyaknya anggota Iksaputra yang hadir dan turut memeriahkan acara tersebut. “Kami selalu mengadakan koordinasi dengan penanggung jawab dari tiap daerah di Pantura agar mewanti-wanti anggotanya hadir dalam acara kali ini.” Pungkas santri asal Duko Rubaru tersebut.

     Meskipun koordinasi dilakukan secara online, kekompakan Iksaputra masih terjaga. Habiburrahman selaku Ketua Baru Iksaputra membenarkan hal tersebut. Orang-orang Iksaputra memang senang berkumpul. Meski libur Ramadhan dan covid-19 belum reda, kebiasaan tersebut masih tetap dilestarikan. “Sekalian, kami laksanakan bersama Pemuda GP Ansor Rubaru agar semuanya saling kenal antara  alumni dan anggota Iksaputra.” Ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pimpinan Cabang Ansor Rubaru menyampaikan pesan-pesan terkait ibadah selama Ramadhan dan cara menggapai kemuliaannya.  “Selalu membaca al-Quran merupakan salah satu cara meraih kemuliaan Ramadhan.” terangnya saat memberikan sambutan pembuka. Acara tersebut ditutup dengan buka bersama.


Penulis; Moh. Ainur Rasyidi

Editor; Moh. Ali Fikri

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak