Binasaba 2021; “Mantapkan Iman, Kuatkan Imun, Ciptakan Aman”

0
206

Lubangsa Putri­– Pada hari Rabu 18 Agustus 2021, Panitia Bimbingan dan Pembinaan Santri Baru (Binasaba) mengadakan kegiatan pra Binasaba yang berlangsung sore hari dan dimulai dengan pembagian aksesoris peserta di Halaman PP. Annuqayah Lubangsa Putri.

Pembukaan Binasaba dilangsungkan pada malam Jum’at 26 Agustus 2021 yang dihadiri dan dibuka secara simbolik oleh Nyai Shofiyah A Win, pengasuh PP. Annuqayah Lubangsa Putri dengan pemotongan pita dan penyematan kepada salah satu santri baru. Juga dihadiri undangan pengurus harian, koordinator pengurus dan seluruh peserta Binasaba.

Dalam sambutannya, Pengasuh juga berpesan agar para peserta mengikuti kegiatan ini hingga akhir. Sebab, dalam kegiatan ini peserta Binasaba akan dibimbing bagaimana tata cara bersuci, wudhu’ dan mensucikan najis.

Kegiatan Binasaba ini merupakan kegiatan rutin yang diagendakan setiap tahunnya di PP. Annuqayah Lubangsa Putri, hal ini tertuang dalam program kerja yang ditanggungjawabi langsung oleh Pengurus Harian. Dalam pelaksanaannya, berdasarkan penuturan ketua panitia; Hikmatul Karimah, kegiatan ini berlangsung selama 6 hari dan dikonsep sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini, kami konsep klasikal untuk materi fiqh keseharian yang dalam hal ini langsung kami pasrahkan kepada pengurus Harian dan pengurus Bimbingan dan Pengembangan Keislaman (BPK). Tujuannya agar santri baru lebih mudah memahami materi dan praktik yang disampaikan oleh pemateri” jelas Hikmatul Karimah, Ketua Panitia Binasaba 2021.

Selain itu, pada Jum’at  20 Agustus 2021 dalam materi praktik bersuci juga dikonsep sama seperti beberapa tahun sebelumnya. Menurut penuturan ustazah Ludfiyah, bahwa dalam materi ini semua pengurus memiliki kewajiban mengajari setiap santri baru. Setiap pengurus dipasrahi 2 hingga 4 orang santri untuk diajari tata cara bersuci dengan contoh dan praktik secara langsung.

Beberapa materi yang disediakan panitia untuk peserta Binasaba yakni fiqh keseharian, tata cara bersuci, sejarah Annuqayah; Ustaz Misqala Karim, Akhlaqulil Banat; Ustazah Raziqoh, stadium general: Pesantren Lumbung Generasi Berbakti, Berbudi dan Berprestasi; KH. Ach. Maimun Syamsudin, pengenalan Organisasi Daerah (Orda), pengenalan club dan Lembaga Semi Otonom (LSO), dan sosialisasi Tata Tertib (Tatib) PP. Annuqayah Lubangsa Putri.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini diperkirakan berjumlah 219 santri termasuk santri lama yang tidak mengikuti Binasaba tahun sebelumnya, yang terdiri dari berbagai tingkatan Pendidikan mulai dari SLTP hingga Perguruan tinggi (PT).

Yang berbeda, pada penutupan Binasaba, ikrar santri yang bisanya dipandu oleh panitia, tahun ini langsung dipandu langsung oleh Pengasuh, Nyai Shofiyah A.Win. Penutupan dilangsungkan pada Selasa, 24 Agustus 2021 dengan meriah para peserta melantunkan password kebanggaan Binasaba 2021 “Mantapkan Iman, Kuatkan Imun, Ciptakan Aman”.

Mayoritas peserta merasa senang dengan adanya kegiatan ini, disamping karena senang mengikuti serangkaian kegiatan yang bersifat bermain/ game edukatif, mereka juga mendapatkan pengetahuan baru terkait sejarah, kebiasaan dan pengetahuan seputar keagamaan yang sebelumnya belum mereka kenal.


Penulis: Nurul Iman

Editor: Zakiyatul Miskiyah

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak