Harlah Kian Dekat, Iksaputra Gelar Gerakan Batin (Gerbat)

0
305

Semakin dekatnya pelaksanaan acara Peringatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Santri Pantai Utara (Iksaputra) ke-XXXVI (12/05/), yang bertempat di desa Batu Belah Timur Dasuk Sumenep, panitia pelaksana semakin bergerak cepat untuk melakukan berbagai persiapan-persiapan, baik secara lahir maupun batin.

Setiap malamnya, sekitar pukul 23:30 WIB setelah bel jam tidur dibunyikan, panitia dan anggota Iksaputra berbondong-bondong pergi ke kuburan Drs. K. H. A. Warits Ilyas (Alm.) untuk melaksanakan kegiatan gerakan batin (Gerbat). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk persiapan menuju acara Peringatan Harlah Iksaputra secara batin, dengan tujuan memohon pertolongan kepada Allah SWT., agar acara tersebut berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dan hambatan yang menghadang. “Gerbat ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena sebagai salah satu ikhtiar kita kepada Allah SWT,” ungkap Hayatullah, ketua Iksaputra.

Ungkapan itu diamini Syamsul Ma’arif, ketua panitia dalam acara ini, “Juga sebagai usaha untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya setelah selesai gerbat.

Kegiatan semacam ini, mendapat respon positif dari anggota Iksaputra. Setiap malamnya selalu banyak anggota Iksaputra yang hadir. Salah satunya, Fahmi Murad, santri yang berasal dari Pasongsongan menuturkan, “Saya sangat senang dengan diadakannya kegiatan rutin Gerbat ini, selain bisa bersama-sama bermunajat kepada Tuhan, kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk partisipasi anggota Iksaputra untuk ikut membantu menyukseskan acara,” tutur anggota yang masih duduk di bangku kelas X SMA tersebut.

Di sisi lain, Moh. Affan juga menyampaikan kesenangannya akan diselenggarakannya kegiatan ini, “Selain sebagai ikhtiar, kegiatan ini juga sebagai salah satu kesempatan bagi kita selaku elemen Iksaputra untuk berkumpul, tersenyum, dan bekerja sama,” ungkapnya saat ditemui di depan pondoknya (11/05). [One]


Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak