Haul Akbar Amarhumin Pengasuh PP. Annuqayah Lubangsa

0
171
Saat pembacaan Yasin dan tahlil berlangsung. (02/02/21)

Lubangsa Putri_Keluarga Pengasuh PP. Annuqayah Lubangsa laksanakan Haul Akbar al-Marhumin Pengasuh PP. Annuqayah Lubangsa pada Senin siang (02/02) yang bertempat di dhalem Lubangsa. Di antara al-Marhumin tersebut ialah beliau K.H. Muhammad Ilyas Syarqawi, Ny. Hj. Arfiyah Zainuddin (Istri dari Alm. K. Ilyas), K.H. Abdul Warits Ilyas, dan Ny. Khatibatul Ummah (Putri ke-5 Alm. K. Warits).

Pelaksanaan Haul ini merupakan acara rutin yang diadakan setiap tahun oleh keluarga besar Pengasuh PP. Annuqayah Lubangsa mulai dari satu tahun sesudah wafatnya Alm. K. Ilyas, putra dari Pendiri Pondok Pesantren Annuqayah yaitu K.H. Muhammad Syarqawi. 

Acara dimulai pukul 13.15 WIB. Sebelum pembacaan Yasin dan tahlil dilangsungkan, terlebih dahulu K.H. Ali Fikri, Pengasuh PP. Annuqayah Lubangsa yang merupakan Putra ke-2 Alm. K. Warits meminta izin dan menghaturkan kepada K. Busyiri Ali Mufi untuk membaca tawasulan (alfatihah) dan kepada K.H. Hanif Hasan untuk memimpin Yasin, Tahlil dan sekaligus Doa.

Pembacaan doa bersama. (02/02/21)

Ny. Shafiyah A. Win., Pengasuh PP. Annuqayah Lubangsa Putri, Menyampaikan bahwa pihak yang diundang pada acara Haul tahun ini hanyalah keluarga besar Pengasuh (Kiai dan Nyai) Annuqayah. Hal tersebut dikarenakan oleh masa pandemi covid-19 yang masih belum saja usai. Sementara pada tahun-tahun sebelumnya,  pihak yang diundang bukan hanya mereka (red. Pengasuh Annuqayah). Akan tetapi, diundang pula para guru MA 1 Annuqayah Putra, kerabat jauh, para tetangga dan bahkan para pekerja bangunan gedung PP. Annuqayah Lubangsa Putri.

“Guru-guru MA Annuqayah 1 Putra juga diundang, karena selain Aba dulu merupakan Kepala Sekolah MA, beliau juga sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan di sana. Sehingga dalam acara Haul atau apa pun yang semisalnya, kami sekeluarga pasti tidak lupa untuk melibatkan mereka (red. Guru-guru MA).” Tutur Beliau.  

Undangan yang hadir pada acara haul tersebut, seluruhnya berjumlah sekitar 130 orang (putra-putri). Meski demikian, bagi mereka yang berhalangan hadir, maka sudah menjadi kebiasaan keluarga dhalem untuk mengantarkan atau mengirimkan hantarannya ke dhalem masing-masing. Begitu pula dengan para tetangga, Alm. Ny. Hj. Nafisah Khalid telah menjadikan kebiasan ter-ater kepada para tetangga dikala keluarga dhalem Lubangsa mengadakan acara, sebagai budaya yang harus dilakukan dan tidak boleh terlupakan.

Di samping acara Haul yang dilaksanakan oleh keluarga dhalem, diadakan pula khatmi al-Qur’an pada malam harinya, serta ziarah maqbarah yang meliputi seluruh Pengurus PP. Annuqayah Lubangsa Putri, peserta khatmi al-Qur’an dan seluruh Ketua Kamar PP. Annuqayah Lubangsa Putri pada pagi harinya. Alumni pun demikian, dalam rangka haul akbar tersebut mereka ikut melaksanakan khatmi al-Qur’an via online, yang ada sebanyak 3 grup, 1 grup putra dan 2 grup putri.

Untuk segala persiapan mengenai hantaran yang akan dihaturkan kepada para undangan, selain dipersiapkan oleh Panglako dhalem, Pengurus Harian PP. Annuqayah Lubangsa Putri dan beberapa santri lainnya juga kompak membantu mereka di dapur.  


Penulis: Dananil Qayyum

Editor: Nurul Iman

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak