Iksaputra Targetkan Turun Langsung ke Masyarakat Melalui Santunan Anak Yatim

0
212
Suasana pelepasan pengurus untuk membagikan satunan di Pendopo Ambunten

Lubangsa_Pengurus Iksaputra kembali merealisasikan program kerja selama liburan Ramadhan, yaitu santunan anak yatim yang diberikan kepada beberapa anak yatim di kawasan Ambunten, pada 25 Mei 2021 M. Semua persiapan dilakukan di rumah Moh. Robi’ie, salah satu alumni Iksaputra yang bermukim di Desa Bukabu. Hal itu telah menjadi kesepakatan bersama seluruh pengurus mengingat rumah Robi (sapaan akrab Robi’ie) mudah diakses dari jalan raya. Sedangkan acara tersebut itu dibuka secara seremonial di Pendopo Kecamatan Ambunten dan dihadiri oleh beberapa anggota dan alumni Iksaputra.

Pengurus senior Iksaputra turut turun tangan membantu pembagian Santunan

Hayatullah Fudhaili, salah satu alumni Iksaputra menuturkan dalam sambutannya bahwa kegiatan tersebut merupakan pengembangan dari kegiatan Iksaputra sejak berdiri 42 tahun lalu. Selain itu, dia juga menceritakan organisasi pertama yang menjadi pelopor melakukan kegiatan selama Ramadhan adalah Iksaputra. Hal yang paling mengejutkan adalah organisasi di Lubangsa, khususnya Iksaputra masih mempertahankannya. Moh. Fahmi selaku Ketua Rabbi menuturkan bahwa kegiatan yang memang ada di Iksaputra sejak dahulu memang selalu diperhatikan dan dipertahankan. “Hingga saat ini, kami terus mencoba melakukan terobosan baru agar kegiatan Iksaputra itu menarik dan menyentuh masyarakat.” Ujar pemuda semester VI PAI tetsebut saat diwawancara wartawan News Hunter Iksaputra.

Perihal pembagian santunan tersebut tidak diletakkan di Pendopo Kecamatan Ambunten, namun ada konsep turun lapangan. Para anggota dan pengurus Iksaputra dibagi keberbagai titik yang telah ditentukan. Mereka mendatangi kediaman anak yang akan diberi santunan. Masyarakat, utamanya penerima santunan memberikan respon positif akan kegiatan tersebut.

Moh. Mahmudi dan Ainul Yaqin saat memberikan santunan.

Siti Ruqayah, salah satu anggota keluarga dari Moh. Baiz (penerima santunan) asal Beluk Kenek merasa senang dan bersyukur akan bantuan yang diberikan kepada putranya. “Mator sakalangkong cong. Mandhere ebelesse kalabhan balesan se rajha (Terima kasih banyak nak, semoga mendapat balasan yang besar; red.).” Ungkapnya saat menerima bantuan itu. Meski saat pertama kali pemberangkatan hujan turun, semangat anggota dan pengurus tidak surut. Kegiatan tersebut berakhir beberapa menit sebelum adzan maghrib. Sebagian dari anggota dan pengurus ada yang berbuka bersama dan sebagian yang lain memilih pulang lebih dahulu karena rumah mereka yang jauh dari Kecamatan Ambunten. “Ramadhan kali ini terasa indah bersama Iksaputra sebab kegiatan yang dilakukan dapat menyentuh masyarakat secara langsung. Dan semoga kami bisa mewakili apa yang menjadi harapan pengasuh kami di Lubangsa.” Ujar Habiburrahman saat didatangi kemarin setelah kegiatan berakhir.


Penulis; Tsabit Husain

Editor; Moh. Ali Fikri

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak