Iksat Pelopori Pergerakan Aliansi Pemuda Talango

0
205
Suasana musyawarah membangun Iksat ke depan yang dipimpin langsung oleh Ach. Nur Khalili.

Lubangsa_Senin (10/05), pukul 20.15 WIB., pemuda dari berbagai pelosok desa yang ada di kecamatan Talango dengan latar institusi yang beragam, mulai dari organisasi santri, organisasi kemasyarakatan, sampai pada organisasi perguruan silat, memadati kediaman Ach. Nur Khalili (Dewan Pertimbangan Organisasi Iksat) guna  mempererat tali silaturrahmi kepemudaan dan jung-rojung keorganisasian.

Pertemuan di malam itu merupakan tindak lanjut dari bincang ide pergerakan yang sempat disuarakan di grup sosial media Whatsapp dengan tercantum jelas keterangan grup dibuat oleh saudara Lili,
(sapaan akrab Ach. Nur Khalili), pada 18/04/2021. Rapat dipimpin oleh saudara Lili yang merupakan pelopor pertama lahirnya pergerakan ini dengan mengagendakan dua hal penting berkenaan dengan awal pendirian organisasi.

Akuntabilisasi ide pergerakan hingga agenda awal sempat menghangat ketika dari masing-masing instansi menyampaikan pendapat dengan tumpang tindih tentang kepentingan dan karakteristik latar kelembagaan. Namun, persepsi dapat disatukan atas persamaan dasar identitas diri sebagai pemuda dalam konsep ‘syubbanul yaum rijalul ghadi’ dalam melihat realitas sosial pada taraf memprihatinkan. Budaya Talango dalam hematnya memang sudah terkontaminasi dan berasimilasi dengan kebudayaan, laju zaman dan berbagai kepentingan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur peradaban. “Organisasi ini akan menjadi ajang silaturrahmi antar pemuda Talango dan akan menjadi wadah ekspresi kepemudaan kita bersama,” tegas saudara Lili.

Berlanjut pada agenda kedua, legalisasi strukrural. Peserta rapat sepakat membentuk koordinator pergerakan yang membekingi seluruh ketua dari masing-masing instansi. Nama-nama yang diusulkan di antaranya, M. Adji Ainur Rahman, Ach. Nur Khalili, Abd. Ghani, dan Saif Abdillah. Keputusan diambil dengan cara voting yang menghasilkan suara terbanyak diperoleh saudara Lili dengan jumlah 8 suara dari 15 peserta rapat.

Di akhir rapat, saudara Lili selaku koordinator pergerakan terpilih meminta seluruh peserta rapat bisa mengambil peran secara pro-aktif dalam eksekusi organisasi ke depan. Dia menegaskan semua anggota memiliki ruang pendapat yang sama dan besar dalam organisasi. “Tuangkan segala bentuk inisiasi, ide, dan ekspresi keilmuan dalam organisasi ini sebagai sumbangsih untuk kebaikan Talango ke depan.” Tukas Lili dalam sambutan atas terpilihnya dirinya sebagai kordinator pergerakan.


Penulis; A. Fahrur Rozi

Editor; Moh. Ali Fikri

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak