Khatmil Pertama; Beri Kesan Bermakna

0
72
Pengurus Persal membagikan santunan kepada Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Lubangsa_Kegiatan perdana di masa liburan Ramadhan yang dilaksanakan oleh organisasi daerah Persatuan Santri Lenteng (Persal) Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa Guluk-Guluk Masa Khidmat 2020-2021 adalah Khatmil Qur’an dan Ceramah Umum Keagamaan.

Acara ini terlaksana pada hari Sabtu (17/04) yang dihadiri oleh masyarakat sekitar, pengurus, anggota, dan alumni Persal bertempat di desa Gadu Timur, Ganding. Sebelum acara seremonial dimulai, dilakukan kegiatan Khatmil Qur’an yang dilakukan oleh seluruh pengurus Persal. Selang beberapa jam, barulah tiba pada acara inti yaitu ceramah umum keagamaan. Kiai Izzul Muttaqin selaku pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Huda Gadu Barat, Ganding didaulat menjadi penceramah pada kegiatan ini. Beliau mengawali ceramahnya dengan mengutarakan beberapa hikmah yang terkandung dalam puasa, “Hikmah dari pelaksanaan puasa ini diantaranya adalah kita akan mendapatkan pahala berupa sinar yang akan menerangi kita ketika hari kiamat tiba dan akan diberikan anugerah oleh Allah SWT. berupa kesejahteraan lahir dan batin. Bahkan kita akan diberikan kemudahan untuk menuju kebahagiaan dunia dan akhirat,” ujar Pengasuh sekaligus Ketua Program Studi (Prodi) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-guluk tersebut.

Ra Izzul Muttaqin memberikan cermah agama di acara Perdana Persal
Ra Izzul Muttaqin memberikan cermah agama di acara Perdana Persal

Kiai muda yang saat ini menjabat sebagai Bendahara Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Sumenep ini mengutip hadits nabi yang berkenaan tentang puasa. “Bau lisannya orang yang berpuasa di sisi Allah SWT. sama seperti harumnya minyak misik. Sebaliknya, bau lisannya orang yang tidak berpuasa, maka di sisi Allah SWT sama seperti baunya bangkai yang paling busuk,” paparnya saat menyitir hadits Nabi.

Tak sampai di situ, beliau juga menyelipkan pembahasan tentang pentingnya santri bermanhaj Ahlussunah wal Jama’ah An-Nahdliyah, “Golongan yang akan selamat hanyalah Aswaja. Pasalnya, hal tersebut sudah ditegaskan oleh nabi dalam haditsnya. Paham Aswaja sesuai dengan apa-apa yang telah di syariatkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW,” terangnya penceramah muda tersebut.

Moh Faizal selaku ketua panitia menerangkan beberapa kegiatan Persal yang akan dilaksanakan selama liburan, “Kegiatan ini adalah kegiatan perdana di liburan. Setelah acara ini juga akan dilaksanakan acara Khatmil Qur’an di rumah pengurus Persal yang lain, santunan anak yatim, santunan kaum dhuafa, peringatan Hari Lahir (Harlah) Persal, dan temu alumni Persal. Jadi kepada teman-teman diharap kekompakannya dalam mengikuti rangkaian kegiatan Persal di bulan Ramadlan ini,” tandasnya ketika memberikan sambutan. Acara tersebut kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata kepada penceramah dan tuan rumah serta dilanjutkan dengan santunan anak yatim.


Penulis; Moh. Faizal 

Editor; Nuvilu Usman Alatas

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak