KKN-DR Instika Posko 21 Laksanakan Bekam Gratis untuk Santri

0
141
Peserta KKN-DR Instika saat melaksanakan bekam massal bersama santri PPA. Lubangsa secara gratis (Foto Humas)

Lubangsa_Kuliah Kerja Nyata-Dari Rumah (KKN-DR) Posko 21 Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) melaksanakan program  bekam massal sehat gratis bersama santri PP. Annuqayah daerah Lubangsa bertempat di Aula Lubangsa kemarin (12/8).  Kegiatan  ini  bekerja sama dengan Unit Kesehatan Pondok Pesantren (UKPP) yang berada di PP. Annuqayah Lubangsa.

Kegiatan ini dilaksanakan tepat pukul 21.00 WIB dan selesai pada 22.30 WIB. Sementara itu, jumlah santri yang hadir untuk berbekam adalah 17 orang tingkat SLTA dari target 25 orang  perjenjang pendidikan.

Sebenarnya kegiatan ini sempat molor satu malam dari rencana sebelumnya sebab  guyuran hujan yang  begitu deras. Akhirnya, kemarin kegiatan ini  dilaksanakan dari tingkat SLTA dan kegiatan ini akan terus berkelanjutan hingga pada hari Ahad yang akan datang.

Pengurus UKPP Lubangsa sangat senang dengan kegiatan ini disebabkan bisa membantu menjalankan program tahunan yang mereka jalankan. “Kami sangat senang dengan kegiatan ini, sebab selain juga bisa menjaga sunah rasul dan imun tubuh, kami bisa terbantu dengan kerja sama ini,” ungkap Ilyasi selaku Pengurus KPO yang menaungi UKKP itu.

“Selama KKN di pondok itu membuat hati saya sedih sekaligus agak senang, bisa sedih sebab tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dan bahagia sebab di sini pantauan terhadap santri itu gampang dan koordinasinya itu tidak sulit,” ungkap Lukmanul Hakim, ketua kelompok Posko 21 itu saat ditemui di Aula Lubangsa selepas kegiatan.

Lebih lanjut, Lukman sapaan akrabnya, memberikan penjelasan tentang manfaat bekam, “Manfaat bekam diantaranya adalah dapat menjaga imun tubuh di saat situasi pandemi Covid-19 ini, meningkatkan stamina kesehatan karena darah kotor di tubuh sudah dikeluarkan, dan yang paling penting adalah mengikuti sunah nabi,” pungkas santri asal Lembung Barat Lenteng itu. 


Penulis : As’adi

Editor : Abd. Warits

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak