KPL Laksanakan Kebersihan Umum

0
621

Lubangsa_Selasa, (06/04) Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa, pengurus seksi Kebersihan dan Pelestarian Lingkungan (KPL), galang kebersihan umum di seluruh area PPA. Lubangsa. Hal ini berupaya untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

Johan Wahyudi selaku pengurus kasi KPL menuturkan bahwa untuk memaksimalkan kebersihan umum di Lubangsa, telah dibuat pengurus pendamping yang diambil dari pengurus pesantren, untuk mendampingi para santri dalam merealisasikan kebersihan umum di berbagai tempat yang sudah ditentukan pengurus KPL. “Iya, santri agar tidak hanya bermain-main saja,” jelasnya pada reporter Koran Lubangsa ketika ditemui di depan kantor pesantren.

“Kebersihan umum, akan dilaksanakan setiap 1 bulan 1 kali. Namun teman-teman KPL ingin menerapkan tradisi lama, di mana dulu kebersihan umun dilakukan setiap 1 minggu, agar lebih mencerminkan Lubangsa bersih dan santri sehat, atau pengurus dulu menyebutnya Jum’at bersih,” imbuh pengurus asal Pamekasan itu.

Pengurus KPL juga mengagendakan dan membentuk punishment bagi santri yang membuang sampah di sembarangan tempat. Karena santri kebanyakan membuang sampah tidak tahu keadaan. Dan juga santri saat ini mengetahui lingkungan kotor tapi tidak sadar untuk membersihkan. “untuk membangun hidup disiplin bersih dan sehat kami akan buat peraturan bagi santri yang membuang sampah sembarangan,” tutur lebih lanjut pengurus yang kerap di panggil Pak Jo.

Terakhir, Pak Jo mengharap kepada seluruh santri agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.“saya berharap santri bisa menjadi peribadi peduli lingkungan bersih dan sehat,” pungkasnya.


 Penulis : Abd.Aziz

Editor : Abd. Warits

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak