MOTIVASI MENULIS BERSAMA NYAI SHAFIYAH

0
414
Foto Bareng anggota lembaga bersama Nyai Shafiyah A. Win usai kegiatan, Kamis (16/08/2018). Foto: Anis Fitriyah.

Lubangsa Putri – Untuk kali pertama Lembaga Semi Otonom Kepenulisan PP. Annuqayah Lubangsa Putri menyelenggarakan Diskusi Ilmiah dan Motivasi Menulis yang diisi langsung oleh pengasuh PP. Annuqayah Lubangsa Putri, Nyai Shafiyah A. Win, pada Kamis 16 Agustus 2018 kemarin. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta lembaga yang berjumlah 22 orang, dengan didampingi oleh Penanggungjawab LSO dan Ketua Pengurus PP. Annuqayah Lubangsa Putri.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai media awal kaderisasi anggota sebelum seluruh kegiatan aktif sebagaimana yang dijadwalkan oleh pengurus lembaga. “Kegiatan ini bukan hanya diperuntukkan bagi anggota, namun pengurus lembaga secara umum, karena kita sama-sama baru memulai, anggotanya baru, lembaganya baru, dan pengurusnyapun pengurus baru, jadi semua harus mendapatkan motivasi”, jelas Fadhilatul Aini, ketua lembaga LSO Kepenulisan menyampaikan.

Dalam materinya, neng Ovie-sapaan akrabnya- menyampaikan banyak hal tentang menulis, utamanya bagaimana santri sebaik mungkin dapat memanfaatkan waktunya untuk menulis, dengan tidak mengabaikan kegiatan yang lain, segala hal yang dilakukan oleh santri penting untuk kemudian menjadi inspirasi dalam tulisan, seperti tema yang diangkat dalam kegiatan ini, “Menulis, Seni Mengikat Makna”.

Beliau juga menyampaikan bagaimana santri seselektif mungkin dalam memilih bahan bacaan, karena implikasi dari bahan bacaan adalah pada bagaimana seseorang menyikapi sesuatu, utamanya ketika menyampaikan kembali gagasan-gagasannya dalam bentuk tulisan. “Yang lebih penting dari menulis adalah menerapkan (attitude)”, ucapnya di sela-sela materi berlangsung.

Sebelum mengakhiri materi yang disampaikan selama lebih dari 1 jam itu, pemateri meminta anggota lembaga untuk membacakan hasil karyanya, sebagai indikasi keberhasilan mereka selama 2 bulan berada di lembaga. Dalam penyampaiannya beliau juga merekomendasikan beberapa kegiatan penting untuk diterapkan di lembaga serta bagaimana pengurus lembaga dapat mengatur dan merencanakan sebaik mungkin program-program yang akan direalisasikan. Mengabadikan momen, seluruh anggota lembaga mengakhiri kegiatan sore itu dengan ‘Foto Bareng’ bersama penyaji, hingga tepat pukul 17.13 kegiatan ini diakhiri.


Penulis: Fadhilatul Aini

Editor: Nuri Kh. Nafisah

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak