Ngaji Habsy bersama Iksat, Penceramah Ajak Masyarakat Tingkatkan Kualitas Keumatan

0
133
Fokus: Masyarakat antusias mendengarkan ceramah dari K. Moh. Rozin Muzakki

Lubangsa_Ikatan Keluarga Santri Annuqayah Talango (IKSAT) kembali merealisasikan acara rutin tahunan Halal Bihalal dan Santunan Anak Yatim (HABSY) , Kamis (20/05), sebagai malam puncak dari berbagai kegiatan selama libur Ramadhan. Acara yang menjadi ajang silarurrahmi sesama muslim itu berlangsung di Masjid Nurul Amaliyah Bunis Gapurana Talango pada pukul 19.30 WIB. dengan K. Saom Imron yang menjadi tuan rumahnya.
Acara kali ini tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Panitia sengaja mensetting acara lebih berkesan dan meriah. Hal itu terbukti dengan lantunan shalawat yang dipimpin oleh Hadrah Al-Banjary Nurul Fatah Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa, pameran lukisan hasil ekspresi seni santri yang terpajang di sisi kiri panggung, dan kehadiran KH. Muhammad Ali Fikri menyambut para undangan mewakili pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah. Tidak Ayal jika semua lapisan masyarakat mulai dari santri, simpatisan, tokoh masyarkat sampai aparatur pemerintah memadati halaman masjid dan khidmat mengikuti keberlangsungan acara.
Di samping itu, jumlah anak yatim yang disantuni pun lebih banyak dari tahun sebelummya. Dengan jumlah 20 anak yatim dari seluruh desa yang ada di kecamatan Talango, Ketua Panitia, Ach. Fadhailul Laili menyampaikan rasa syukur atas dedikasi Iksat dalam menyantuni anak-anak yang membutuhkan uluran tangan. “Alhamdulillah tahun ini Iksat lebih banyak lagi menyantuni anak yatim, mengingat kebutuhan yang mendesak dengan kondisi ekonomi yang tidak memadai, sangat sulit rasanya pengabdian seperti ini dilakukan. Semoga barokah” Ungkapnya dengan senyum.
Acara prosesi santunan diberikan langsung oleh Al-Ustaz Moh. Sunanto selaku Ketua Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Talango. Semua anak yatim yang telah tercantum dalam daftar kepanitiaan dipanggil naik ke atas panggung untuk memarani santunan masing-masing. Terlihat sebagian kecil anak yang tidak ikut serta dalam prosesi tersebut. Namun santunan yang disediakan panitia tetap dipasrahkan kepada penanggung jawab masing-masing.
Menyusul kemudian acara mau’idzah hasanah oleh K. Moh. Rozin Muzakki yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Shiratal Mustaqim Bragung Guluk-guluk. Dalam ceramahnya, beliau memantik hadits riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi tentang 4 hal yang jika manusia berpegang teguh terhadapnya surga akan rindu dengan manusia tersebut. 4 hal yang dimaksud adalah orang yang senang membaca Al-Quran, orang yang memelihara lisan dari ucapan keji dan mungkar, orang yang memberi makanan orang yang kelaparan dan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan “Aljannatu musytaqotun ila arba’ati nafarin. Talil qur’an, wa hafidzi lisan, wa muth’mimul jian wa shoimina fi syahri romadhan. Ini hebat, seharusnya manusia yang rindu dengan surga. Tapi ini sebaliknya, surga yang rindu kepada manusia. Sungguh hebat manusia tersebut. Manusia apa itu” Papar kiai dengan diselingi tawa para hadirin dan hadirat.


Penulis; A. Fahrur Rozi

Editor; Moh. Ali Fikri

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak