Ngaji Tokoh: Komunitas Cinta Buku Perpustakaan Lubri Nobar ‘Kartini’

0
334
Anggota KCB Nobar Film Kartini

Lubangsa Putri-Komunitas Cinta Buku (KCB) Perpustakaan PPA. Lubri melaksanakan kegiatan “Ngaji Tokoh” yang dikemas dengan Nobar pada Kamis, 26 Desember 2019. Kegiatan ngaji tokoh merupakan agenda kegiatan KCB. Selain itu, kegiatan lain dari KCB di antaranya adalah diskusi buku, cerita buku, membaca dan menulis.

Ngaji tokoh yang diselenggarakan pada periode tahun ini yaitu sebuah film biografi bertajuk Kartini. Film Kartini dipilih karena bersangkutan dengan cinta membaca dan  feminisme. Sebagaimana halnya yang disampaikan oleh Dananil Qayyum, Ketua Perpustakaan, “Film Kartini sangat menggambarkan sekali bahwa dengan membaca, seseorang akan mengetahui banyak hal. Sekalipun tubuh tak mampu kemana pun. Selain itu, film ini mengisahkan kesamaan antara laki-laki dan perempuan untuk mengakses ilmu pengetahuan. Sekalipun perjuangan Kartini tidak pernah mulus memperjuangkannya.”

Kegiatan ngaji tokoh tersebut tidak hanya menonton semata. Akan tetapi, anggota KCB diberikan tugas untuk mengulas apa yang mereka tonton dalam bentuk tulisan sebagaimana resensi.  Seperti halnya namanya, ngaji tokoh ini bertujuan mengenalkan kepada santri yang bergabung di KCB untuk belajar dengan santai melalui menonton film. Belajar yang dimaksud di antaranya adalah belajar mengambil pelajaran yang disampaikan dari film serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga belajar membudidayakan literasi, artinya antara membaca dengan menulis selalu seimbang.


Penulis: Hikmatul Jannah

Editor: Nur Fadiah Anisah

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak