Opsaba’21 Awali Serangkaian Acara dengan Tausiyah Pengasuh

0
42
Pengasuh tatkala menyampaikan pesan-kesan kepada santri baru.

Lubangsa_ Setelah resmi dibuka pada siangnya (12/09), Opsaba’21 lanjutkan kegiatan dengan tausiyah dari Pengasuh, Kiai Ali Fikri, pada malamnya. Tausiyah tersebut ditujukan sebagai penyambutan resmi dari pengasuh terhadap santri baru mengingat Opsaba merupakan proses inisiasi diresmikannya satri baru sebagai santri PP. Annuqayah daerah Lubangsa.

Bak Model Profesional: Pengasuh saat tiba di venue acara Opsaba’21 yang dilaksanakan di Aula Lubangsa

Dalam tausiyah tersebut pengasuh menyampaikan beberapa hal kepada santri baru, salah satunya adalah bagaimana santri tetap menanamkan pola pikir bahwa pesantren adalah tempat terbaik untuk mencari ilmu, terlepas dari segi perbedaan latar belakang santri yang berbeda secara ekonomi dan lainnya. Selain itu beliau juga menyampaikan perihal kemandirian yang juga merupakan hal yang sangat penting untuk dilatih oleh santri.

Lebih spesifik perihal Opsaba, beliau menuturkan bahwa Opsaba merupakan proses pengenalan santri baru terhadap Annuqayah secara umum dan Lubangsa secara khusus. Beliau menyampaikan ciri khas santri Annuqayah yang sedari dulu memiliki karakteristik khas, yakni Bacaan Al-Qur’an yang baik, akhlaq yang terjaga, dan memprioritaskan shalat jamaah. 

Sebagai penutup, beliau menyampaikan harapannya kepada santri baru agar apapun yang menjadi persoalan, baik dari latar belakang keluarga dan lainnya, jangan sampai menghambat dan menghalangi santri untuk tidak semangat belajar.


Penulis: Moh. Ali Fikri

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak