P2O Bahas Rancangan Tatib Bersama Ketua Orda

0
316

Sudah menjadi kesepakatan bersama antara Pengurus Orda dan Pengurus Penerangan dan Pembinaan Organisasi (P2O) bahwa semua bentuk program  kerja yang akan dilaksanakan P2O menurut Jamalul Muttaqin, seluruhnya akan diselenggarakan dengan ketua Orda, bergandengan tangan, dikerjakan bersama dan dilaksanakan bersama. Salah satunya yang sudah dilaksanakan Pembahasan atau Pembentukan Rancangan Tatib untuk kegiatan eksternal yang dibahas oleh semua pengurus Orda dan P2O.

Kegiatan tersebut dimulai pada tanggal, 27 s/d 31 Desember 2016, dengan menghabiskan waktu selama tiga hari karena ada satu hari yang tidak diisi dengan kegiatan rancangan Tatib, “Kalau rancangan Tatib ini sudah dibuat bersama, tentu Orda sudah mengerti sekaligus  paham bahkan Orda bisa menyesuaikan dengan kemampuannya masing-masing,” ungkap Robeth Mahsun selaku Wakasi P2O. Dengan adanya Perancangan Tatib Kegiatan Eksternal itu saudara Mahsun, ketua Iksapansa berharap bisa secepatnya melaksanakan kegiatan di luar pesantren, selama ini menurut Ikatan Santri Pamekasan–Sampang pihaknya sangat menanti aturan baku P2O yang bisa mengatur semua bentuk kegiatan di luar pesantren.

Ada beberapa mekanisme dan peraturan secara umum yang sudah dihasilkan dan ditetapkan dari Rancangan Pembentukan Tatib Kegiatan Eksternal Orda, pertama secara umum Orda bisa melaksanakan kegiatan yang mengarah pada pengembangan sosial, keagamaan, dan ekonomi, sedang mekanisme dalam melaksanakan kegiatan di luar pesantren, menurut Kasi P2O, Orda hanya bisa memfasilitasi atau istilahnya Orda adalah media untuk masyarakat, oleh karena itu yang bisa terlibat dalam kegiatan eksternal Orda adalah pengurus dan panitia sedang anggota Orda tidak diperkenankan.

Selain itu, Orda juga harus membentuk kepanitian lokal karena ide tersebut pernah dimunculkan oleh Pengasuh PPA. Lubangsa, ketika melihat kondisi Orda saat melaksanakan kegiatan eksternal, “Semua kegiatan akan melibatkan masyarakat langsung,” ungkat Ziyad Khozin selakuk pengurus P2O, lebih lanjut Ziyad mengatakan bahwa agenda P2O selanjutnya juga akan merancang modul untuk kaderisasi dan kegiatan  rutinatas Orda yang selama ini terkesan tidak terarah secara rapi sehingga P2O berkeinginan semua program kerja bisa dilakukan bersama semua ketua Orda.


Penulis            : Nur Mahmudi

Editor              : Misbahul Munir

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak