Pekan Ramadahan sebagai Sarana Kegiatan Positif Santri di Liburan Panjang

0
178
Gayeng: Pengurus Pasra berswafoto dengan Alumni di Asem Jahe

Lubangsa_Persatuan Santri Gapura (Pasra) melaksanakan pembukaan acara Pekan Ramadhan periode 2021-2022 M. di Asem Jahe, Kalianget Barat, kecamatan Kalianget (19/04). Hal demikian dikarenakan ada permintaan dari wali anggota Pasra agar pembukaan Pekan  Ramadhan diletakkan di kecamatan Kalianget, tepatnya wali dari Saudara Ansori dengan tambahan kegiatan berupa edukasi kepada masyarakat sekitar.

Sebelum melaksanakan kegiatan pembukaan tersebut, semua anggota dan pengurus Pasra terlebih dahulu melaksanakan buka bersama di depan perusahaan PT. Garam Persero secara bersama sambil lesehan. Moh. Rafly Nor Syekhan, selaku ketua panitia Pekan Ramadhan mengungkapkan bahwa dengan adanya buka bersama terlebih dahulu akan meningkatkan kebersamaan antar panitia maupun peserta kegiatan dimaksud. Rafly juga mengungkapkan bahwa, buka bersama tersebut memang matang dirembukkan oleh panitia di basecamp, “sebelumnya tidak ada rencana untuk berbuka puasa di Kalianget, tapi karena ada usulan dari teman teman panitia dan itu bagus menurut forum maka kami setujui itu,” ungkap santri asal Andulang tersebut.

Rafi'uddin Al-Farisi; membuka kegiatan Pekan Ramadhan Pasra
Rafi’uddin Al-Farisi membuka Pekan Ramadhan Pasra.

Santri yang berencana boyong dari Lubangsa tersebut menambahkan bahwa kegiatan Pekan  Ramadhan merupakan salah satu bentuk aplikasi dari pembelajaran di pesantren sehingga dapat menambah hal positif santri ketika liburan pesantren. Di sisi lain, Imam Zayyadi selaku ketua Pasra mengungkapkan bahwa Pekan  Remadhan tahun ini dikemas berbeda karena diadakan di dua tempat yang berbeda yakni di kecamatan Kalianget dan kecamatan Gapura, hal itu membuat Pekan  Ramadhan kali ini lebih terkesan menyentuh masyarakat. “Kami juga berharap agar kegiatan ini menjadi tabungan amal bagi masyarakat sehingga secara tidak langsung ini bentuk promosi pesantren melalui kegiatan kegiatan yang menyentuh masyarakat,” ungkap santri kelas akhir Madrasah Aliyah 1 Annuqayah tersebut.

Syamilul Hikam selaku mantan ketua Pasra mengungkapkan bahwa tindak lanjut dari kegiatan ini adalah agar santri dapat mengambil peran dalam melaksanakan tugas sebagai santri, “Saya pribadi mengharap agar santri dapat ikut andil dalam upaya mencerdaskan  masyarakat melaui kegiatan kegiatan yang berbentuk edukasi tidak hanya kegiatan yang berbentuk seremonial,” ungkap santri yang menjabat sebagai ketua seksi (Kasi) pengurus Hubungan Masyarakat (Humas) Lubangsa tersebut.


Penulis; Khairur Raziqin

Editor; Nuvilu Usman Alatas

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak