Pemeriksaan Mata Gratis untuk Santri

0
441
Foto santri saat melakukan pengecekan oleh dr. Wahyu di ruang UKPP.Foto: Ach. Muhlis

Koran Lubangsa_(28/09) Jum’at pagi Unit Kesehatan Pondok Pesantren (UKPP) Annuqayah daerah Lubangsa mengadakan pemeriksaan mata gratis yang langsung ditangani oleh dokter spesialis mata dari Pamekasan. Pengurus UKPP menjalin kerja sama dengan Optik Wahyu Pamekasan.

Hal ini (pemeriksaan mata, red) merupakan inisiatif pengurus kesehatan yang langsung direspon positif oleh pengasuh. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Al-ustaz Ilyasi, “kami pengurus kesehatan berinisiatif menggelar program pemeriksaan mata dengan tujuan agar mengetahui serta menindaklanjuti bagi para santri yang memiliki masalah indra penglihatan baik dari terkena minus, mata merah, dan lain sebagainya,”jelasnya ketika ditemui reporter Koran Lubangsa di kantor UKPP ketika itu.

Adapun santri Lubangsa yang mendaftar program periksa mata gratis berjumlah 97 orang dengan rincian kawasan blok A sebanyak 27 orang santri, kawasan blok B sebanyak 38 orang santri, sedangkan kawasan blok C sebanyak 32 orang. Hal ini berdasarkan kepada arsip data tertulis yang sudah terdata oleh Unit Kesehatan Pondok Pesantren (UKPP) daerah Lubangsa sejak pembukaan pendaftaran.  Tetapi, menariknya, pemeriksaan mata pada hari itu tidak hanya diikuti oleh santri aktif tetapi juga wali santri yang kebetulan mengunjungi anaknya di pesantren Lubangsa.

Pemeriksaan mata gratis ini sangat membantu para santri sebagaimana yang telah diakui oleh Muhammad Fahri Anggara Putra, salah satu peserta periksa mata,”dengan adanya periksa mata gratis yang diadakan UKPP saya merasa sangat terbantu,” jelasnya.

Lebih lanjut, santri asal asal Jakarta Utara itu menyarankan agar program ini bisa ditindaklanjuti di organisasi daerah masing-masing yang ada di Lubangsa. “agar program ini bisa dimasukkan ke kalender kerja di tiap-tiap orda yang ada di Lubangsa,”lanjutnya dengan sangat optimis ketika ditemui reporter koran Lubangsa pagi itu.


Penulis       : Imam Thabroni

Editor        : Abd. Aziz

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak