Pengabdian Pasra Benar-Benar Menyentuh Masyarakat

0
298
?????????????

Selain mengadakan Temu Alumni, Persatuan Santri Gapura (Pasra) juga melaksanakan pengabdian yang ditujukan kepada masyarakat setempat. Pengabdian tersebut dilaksanakan selama satu minggu, yakni sejak hari Senin (13/6) hingga Ahad (26/6). Pengabdian ini diformat dengan kegiatan yang terjun langsung ke masyarakat, semisal Baksos, Tadarus Bersama, Khatmil Quran, Halaqah Keorganisasian, dan Halaqah Kepenulisan.

“Kegiatan ini kami kemas dengan sebaik mungkin yang bersifat edukatif-sosial,” ungkap Sutikno, salah satu SC. Menurutnya, Pengabdian ini ditempatkan di berbagai tempat, di antaranya, melakukan Baksos di Asta KH. Zubairi Marzuqi, Pendiri PP. Nasy’atul Muta’allimin pada hari Kamis (23/6).

Sementara Halaqah Kepenulisan dan Keorganisasian diletakkan di Yayasan Taufiqurrahman, Longos Gapura sejak hari Selasa (14/6) hingga Sabtu (25/6). Untuk Tadarus Bersama, menurutnya, para panitia salat berjamaah Isya’ dan Tarawih di beberapa Masjid yang ada di Kecamatan Gapura untuk selanjutnya juga ikut tadarus di sana. “Untuk Khatmil Quran, kami laksanakan di tiga tempat, yakni Masjid An-Najah, Mandala; Masjid Attaufiqiyah, Longos; dan salah satu Mushalla di daerah Mandala, yang diasuh oleh Bapak Farasdaq, salah satu alumni Annuqayah,” pungkasnya.

Meskipun kegiatan ini berlangsung pada bulan puasa, para panitia sangat bersemangat dan antusias melaksanakan kegiatan pengabdian yang baru tahun ini diadakan oleh Pasra. M. Ghufron mengungkapkan bahwa ia dapat belajar hidup bermasyarakat dengan mengikuti kegiatan ini. “Dengan mengabdi, dapat menambah pengalaman saya,” kata Panitia Seksi Kesekretariatan itu.

Untuk urusan konsumsi, mereka tidak perlu khawatir. Mereka sudah menjadwallkan masing-masing panitia untuk bersedia memberikan shadaqah berupa hidangan buka puasa sekaligus sahurnya. “Sudah ada tugas dan dan tanggung jawab masing-masing dari panitia untuk masalah konsumsi,” kata Zubairi, Koordinator Seksi Konsumsi. Bahkan, ia menambahkan, bahwa terkadang ada tambahan konsumsi dari Kepala Desa dan warga masyarakat sekitar.

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak