Pengurus Kebersihan Olah Sampah Organik Jadi Pupuk

0
386

Lubangsa Putri– Jum’at (13/09) Pengurus kebersihan PP. Annuqayah Lubangsa Putri olah sampah organik menjadi pupuk dengan Biosyafa.

Pengolahan sampah organik ini merupakan percobaan yang ketiga kalinya. Sampah yang diolah adalah sampah dapur yang murni organik. “Jangka waktu pengolahan sampah sekitar satu minggu. Dalam waktu seminggu itu kami (red. Pengurus kebersihan) rutin menyemprotkan Biosyafa setiap hari. Alhamdulillah ini merupakan pupuk ketiga yang kami hasilkan. Sampah yang sudah menjadi pupuk, kami letakkan di pohon salak dekat dhalem.Untuk hasilnya belum jelas, apakah hasil pupuk tersebut berpengaruh atau tidak pada pohon salak, jadi kami menunggu sampai pohon salak berbuah. Semoga saja sesuai dengan yang kami harapkan.” Ungkap salah satu pengurus kebersihan, Yasmani.

Kegiatan yang merupakan inisiatif salah satu pengasuh Lubangsa Putri ini diharapkan mengurangi sampah yang ada di Lubangsa Putri. “Kami mulai dari yang mudah dulu, mengelola sampah organik. Ini batu loncatan pertama. Masalah sampah memang masih membludak, tapi sedikitnya ada usaha.” Ucap koordinator kebersihan, Qurratul Aini.


Penulis: Nurul Iman

Editor: Nur Fadiah Anisah

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak