Pengurus Kesehatan Laksanakan Pelatihan Pembuatan Sabun

0
420
Peserta antuasias mengikuti Praktek Pembuatan Sabun. Rabu (01/08/2018). Foto: Fadhilatul Aini

Lubangsa Putri _ Membiaasakan pola hidup sehat, pengurus seksi Kesehatan PP. Lubangsa Putri menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Sabun Herbal bersama Institut Bisnin dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA) yang dilangsungkan slama 2 hari, sejak 01 – 02 Agustus 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Madrasah diniyah ini diikuti oleh 20 orang peserta. Pengurus Kesehatan sengaja membatasi kuota peserta pelatihan guna memaksimalkan berlangsungnya kegiatan. Acara ini diikuti oleh santri dari berbagai jenjang pendidikan, mulai MTs, MA, Mahasiswa bahkan sebagian peserta adalah santri Non Kuliah.

Kegiatan dimulai dengan penyajian materi prihal fungsi dan manfaat sabun herbal berikut penjelasan singkat tata cara pembuatan sabun dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Tak lupa, penyaji juga menyampaikan fungsi dan manfaat masing-masing bahan yang dipakai.

Setelah berlangsung ± 30 menit, kegiatan dilanjutkan pada praktik pembuatan sabun. Dalam praktek itu, pemateri mengupayakan seluruh peserta dapat berpartisipasi dalam pembuatan sabun, serta paham terhadap aturan dan takaran pembuatan. Di sela-sela berlangsungnya praktek, pemateri membuka pertanyaan bebas kepada peserta pelatihan.

“Kegiatan ini sebenarnya sudah dilaksanakan di Poskestren Annuqayah dengan peserta delegasi setiap komplek PP. Annuqayah, dan kamipun mendelegasikan pengurus Kesehatan dalam kegiatan tersebut. Tapi kami rasa penting untuk melaksanakan kembali kegiatan ini di Lubri, agar santri juga dapat ikut dalam kegiatan ini”, terang Anis Fitriyah koordinator pengurus Kesehatan menjelaskan.

Dirinya juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah pasti pengurus Kesehatan membudayakan pola hidup sehat. Bahkan pihaknya juga merencanakan kegiatan serupa dalam program kerja pengurus tahun ini, seperti pembuatan obat herbal, serta pelayanan kesehatan dengan mengutamakan pengobatan herbal.


Penulis: Imroatul Hasanah

Editor: Fadhilatul Aini

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak