Pengurus Pers Adakan Kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep

0
735

Lubangsa Putri – Mengiringi rencana pengadaan Ruang Arsip dan Dokumentasi Pesantren, pengurus Pengembangan Pers PP. Annuqayah Lubangsa Putri mengadakan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep pada Kamis, 30 November 2017 kemarin.
Melalui kegiatan ini, pengurus Pers bersama tim yang terdiri dari pengurus Perpustakaan dengan pendampingan Waka I dan Waka II menggali data sebanyak-banyaknya prihal kearsipan. Peserta kunjungan benar-benar memanfaatkan dengan baik momen ini melalui tanya-jawab intensif tentang banyak hal yang berhubungan dengan intensifitas pengelolaan arsip.
Tak hanya menjelaskan, pihak Dinas Kearsipan juga memperkenalkan langsung praktek pengelolaan arsip, dari segi tempat penyimpanan dan tata cara pengelolaan. Dalam kunjungan yang berlangsung selama ± 2 jam ini, peserta kunjungan juga  diperkenalkan pada aplikasi baru pengelolaan arsip berbasis digital. Diakhir, peserta diajak berkeliling, observasi langsung melihat koleksi arsip milik Dinas Kearsipan Sumenep.
“Sangat memuaskan, bahkan lebih dari yang kami bayangkan.  Pihak Dinas Kearsipan benar-benar menyambut hangat kerdatangan kami. Mereka juga sangat mendukung realisasi rencana pengadaan ruang arsip ini. Bahkan mereka bersedia membimbing kami dan datang langsung ke pesantren”, jelas Fadhilatul Aini, koordinator Pengurus Pengembangan Pers menuturkan kepada media ini.
Di akhir kunjungan, peserta melanjutkan perjalanan menjelajahi ruang Perpustakaan Daerah. Momen ini dimanfaatkan tidak hanya untuk melihat koleksi pustaka, melainkan juga untuk menjalin hubungan kerjasama dengan Perpustakaan Daerah prihal bantuan pengadaan buku serta program-program lain yang bisa dimanfaatkan oleh Perpustakaan Pesantren.
“Ini sebagai pintu awal bagi Perpustakaan Lubangsa Putri mengadakan kerjasama dengan Perpustakaan Daerah. Sangat disayangkan jika Perpustakaan Pesantren tak tersentuh atau (mungkin) tidak mau menyentuh program-program Perpustakaan Daerah.”, tutur Nur Fadiah Anisah, ketua  Perpustakaan menjelaskan.


Penulis : Imroatul Hasanah
Editor : Fadhilatul Aini

 

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak