Perayaan Hari Santri Nasional se-Annuqayah

0
96
Saat Nyai Maryam Mahfudz menyampaikan sambutan pada acara HSN 2020. (22/10/20) Foto: PP

Annuqayah- Perayaan Hari Santri Nasional (HSN) Pondok Pesantren Annuqayah diselenggarakan pada Kamis, 22 Oktober 2020 yang bertempat di Aula Syarqawi.

Acara ini dihadiri oleh para Pengasuh putri dan seluruh Santri putri Pondok Pesantren Annuqayah. Perayaan Hari Santri ini berlangsung dengan meriah dengan beberapa rentetan acara yang telah disusun oleh Panitia HSN Annuqayah. Para Santri bersama-sama menyanyikan lagu Hyme Annuqayah, Yalal Wathan dan lagu Hari Santri Nasional yang dipandu oleh Club Paduan Suara Mahasiswa.

Perayaan HSN ini dikemas dengan istighasah bersama yang dipimpin oleh Nyai Muyassaroh dan sambutan dari Ketua Pengurus Pesantren Putri, Nyai Maryam Mahfudz. “…Tawadhu’ dan hormat kepada siapapun” dawuh Nyai Maryam disela sambutannya. Beliau menyampaikan wejangan mengenai pentingnya mengetahui asal mula hari santri, juga mengingat sejarah perjuangan para Pengasuh yang ikut berperan melawan penjajah. “Che’ terronah andhi’ Santreh se berakhlaqul karimah, se sopan, se alos, penter bahasa Arab, penter bahasa Inggris ben bahasa madhure (Berharap mempunyai santri yang berakhlaqul karimah, yang sopan, yang halus, pintar bahasa Arab, Bahasa Inggris dan bahasa Madura)” tambahnya.

Selain itu, beliau juga menyampaikan sejarah perjuangan para Pengasuh Annuqayah dan memperkenalkan para Pengasuh putri yang hadir dalam acara tersebut.

Terakhir, tausiyah dari Nyai Warda Mahfud. Beliau menyampaikan banyak hal terkait santri dengan membacakan beberapa syi’ir religi Bahasa Madura. Setelah itu, do’a sebagai pamukas dari acara tersebut.


Penulis: Nurul Iman

Editor: Dananil Qayyum

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak