Perpustakaan Lubangsa Putri Hadirkan Media Elektronik Sebagai Koleksi Pustaka

0
704

Lubangsa Putri – Sebagai upaya meningkatkan minat baca santri dalam rangka mewujudkan visi dan misi yang dibangun, perpustakaan PP. Annuqayah Lubangsa Putri terus melakukan beragam inovasi baik dalam penyelenggaraan kegiatan ataupun penambahan koleksi bahan pustaka. Pada November bulan ini, Perpustakaan Lubri kembali melengkapi koleksi pustaka berupa Smart Hafidz, media elektroknik yang dapat difungsikan sebagai alat pemutar video edukatif.
Melalui adanya koleksi baru ini, Perpustakaan hendak menghadirkan nuansa baru di kalangan santri, bahwa mengeja pengetahuan tak mesti melalui buku cetak, melainkan juga dapat dilakukan dengan menggunakan audio visual. Melalui beragam pengetahuan yang ditayangkan langsung di layar mini berukuran ± 10 x 20 cm ini, diharapkan santri Lubri lebih mudah menyerap informasi pengetahuan yang sulit dicerna melalui penyajian dalam literatur berbentuk tulisan.
“Adanya koleksi ini cukup menarik minat santri untuk berkunjung ke perpustakaan. Di samping karena keberadaannya yang masih terbilang baru, saya rasa media ini memang sangat menarik, bahkan bisa dikatakan bahwa Smart Hafidz adalah perpaduan kompleks antara media belajar dan media bersantai”, terang Nur Fadiah Anisah, ketua Perpustakaan ketika ditemui media ini disela-sela kesibukannya melayani pengunjung.
Namun demikian, pihak perpustakaan juga mengimbau agar santri Lubri tidak pernah bosan untuk menikmati jamuan perpustakaan berupa literatur-literatur tulisan. Baik berbentuk buku, majalah, jurnal lebih-lebih berupa literatur arab, sebagai salah satu karakteristik literatur pesantren. Pihaknya berjanji akan senantiasa mengupayakan penambahan koleksi bahan pustaka sesuai dengan kebutuhan santri.   
Tak cukup itu, pengurus perpustakaan juga mengharapkan partisipasi santri untuk seluruh program yang diselenggarakan perpustakaan lebih-lebih dalam forum ilmiah Komunitas Cinta Buku (KCB), sebagai media lanjutan mereka (santri) penggila buku. 


Penulis: Siti Jamilatul Fitriyah
Editor: Fadhilatul Aini 

 

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak