Persiapan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) (Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. 27 Rajab 1439 h.)

0
1756

Lubangsa_Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) akan diadakan kembali di Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa. Pada tahun sebelumnya, acara ini digelar oleh pengurus seksi Peribadatan dan Kepesantrenan (PK), namun tidak kali ini, acara PHBI Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, diselenggarakan oleh Pengurus Seksi Pembinaan dan Penerangan Organisasi (P2O). Menurut pengakuan Robet Mahsun, Kasi P2O, mengatakan bahwa pengasuh menginstruksikan kepada Pengurus PK untuk meng-handle program ini (PHBI, red) kepada pengurus P2O karena mempunyai anak buah (Ketua Orda) dari masing-masing Organisasi daerah (Orda) yang berada di bawah naungannya.

Dalam mensukseskan acara ini, pengurus P2O jauh-jauh hari sudah mengadakan rapat pembentukan panitia dan pemilihan ketua panitia bersama seluruh ketua Orda. Hasilnya, saudara Khotami HS. (Ketua PERSAL) ditetapkan sebagai ketua terpilih dan Ainor Rahman (Ketua IKSAPANSA) sebagai sekretarisnya. Karenanya, segala kebutuhan dan persiapannya sudah mulai dipersiapkan, ”untuk perlengkapan yang lainnya sih…60-70% sudah berjalan” ujar Robet Mahsun, saat diwawancarai di depan kantor UKPP kemarin (08/04).

Acara ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp. 3.673.500. Seperti pada tahun sebelumnya, acara ini akan dimulai setelah hadiran Isya’ berjamaah. “Santri  PPA.Lubangsa langsung akan digiring menuju halaman Masjid Jami’ Annuqayah. Kami (Panitia, red) juga akan mengundang Hadrah Al-Banjari Lubangsa untuk tampil pada pra-acara di hari H nanti (Isra’ Mi’raj, red)“ ungkap Khotami HS selaku ketua panitia  saat ditemui di kamar Darul Kutub Lubangsa kemarin.

Memang lumrah jikalau di Pondok Pesantren Annuqayah seringkali mengadakan pengajian keagamaan. Oleh karena itu, Isra’ Mi’raj kali ini, akan mendatangkan penceramah dari daerah Sumenep. “kami insyaallah akan mengundang penceramah yang sekopnya lokal, dari Sumenep, yaitu K.H. Ali Rifki dari Lembung Timur Lenteng. Dan jikalau beliau berhalangan untuk hadir maka sebagai alternatifnya ialah K. Ilyasi Siraj” ujar Robet Mahsun.  Sementara, kepesertaan dalam acara ini terdiri dari seluruh santri PPA.  Lubangsa dan koordinator masyarakat daerah sekitar Annuqayah  yang berjumlah 17 orang dan sebagian asatidz. “nanti kami juga akan mengundang K. Misqala Karim dan K. Abd. Wafi Nuh sebagai santri konah di sini” pungkasnya.


Penulis : Robitul Khair

Editor : Abd. Warits

 

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak