Peserta KKN Integratif 2021 Gelar Pembukaan Serentak

0
218

Lubangsa Putri– Pembukaan dan penyerahan kuliah kerja nyata (KKN) Integratif 2021 Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) dilaksanakan pada Kamis (2/9). Acara tersebut digelar di halaman PP. Annuqayah Lubangsa Putri dengan melibatkan seluruh santri yang nantinya akan menjadi sasaran/objek KKN ini. Acara ini juga dihadiri oleh pengasuh PP. Annuqayah Lubangsa Putri, Wakil Rektor I dan II Instika, dan seluruh Dosen Pembimbing Lapangan yang membimbing posko Lubangsa Putri.

Paduan suara mahasiswa Instika serta dendang rebana al-Banjari Lubangsa Putri juga turut memeriahkan acara pada malam yang cukup sakral bagi para peserta KKN Integratif 2021 tersebut. Tidak hanya demikian, kemeriahan acara tersebut juga diapresiasi oleh wakil rektor (warek) I, bapak Dr. H. Damanhuri, M.Ag dalam sambutannya mewakili rektor yang tidak bisa hadir. “saya merasa senang bisa hadir di acara ini dengan disambut alunan selawat Banjari. Tadi, kami sempat berbisik seandainya bisa kami hanya ingin duduk dan menikmati dendang rebana saja.”

Simbolik pembukaan dan penyerahan KKN integratif 2021 ditandai dengan pemotongan pita oleh pengasuh serta DPL putri, yang dipimpin oleh ibu Dr. Ulya Fikriyati, Lc, M.Ag yang kemudian diiringi oleh mars Instika versi al-Banjari Lubangsa Putri.

Sebagaimana apresiasi yang disampaikan oleh bapak Dr. H. Damanhuri, M.Ag, wakil rektor II bapak KH. Husnan, M.Pd juga menyampaikan motifasi-motifasi terkait pelaksanaan KKN Intergratif 2021. “kuliah kerja nyata, kuliah kerja nyantri, ini sebenarnya butuh kerjasama antara peserta KKN dan seluruh santri namun sebenarnya santri di sini bukan objek. Objek itu benda, jadi disebut sebagai intersubjek. Hubungan antara subjek dengan subjek.” Ucapnya di tengah-tengah memotifasi peserta KKN.

Pelaksanaan KKN di pondok juga sangat diapresiasi oleh pengasuh karena menurut beliau selain tidak terlalu menyulitkan mahasiswa, mereka juga terjamin keamanannya disbanding berada di luar pondok. Kendati demikian, pengasuh berharap semoga KKN di periode berikutnya juga dilaksanakan di pondok saja.


Penulis : Nur Fadhilah Qamar

Editor :Zakiyatul Miskiyah

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak