PP. Annuqayah daerah Lubangsa Menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2018

0
497
Suasana ruang UKPP, saat mengadakan pengobatan gratis (Bekam Gratis)

Lubangsa-Tercetusnya Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada tanggal 12 Nopember mendapat perhatian khusus dari Unit Kesehatan Pondok Pesantren (UKPP) Lubangsa. Meskipun belum sampai pada tanggal ditetapkannya HKN, pihak UKPP sedang gencar-gencarnya melancarkan beberapa program dalam rangka memeriahkan hari kesehatan nasional tersebut. Di antaranya, program Bekam Gratis, Jamu Gratis, dan Adipura Blok. Perhelatan program-program itu dimulai sejak tanggal 2 hingga 12 Nopember mendatang.

Munculnya program-program itu, murni tercipta dari inovasi keluarga besar UKPP dalam meningkatkan pentingnya menjaga dan merawat kesehatan tubuh santri. “baru kali ini kami bisa berinovasi dan sekaligus kami merealisasikan program seperti Bekam Gratis, Jamu Gratis, dan Adipura Blok menjelang hari kesehatan nasaional 2018 ini.” Ucap Ilyasi, pengurus KPO yang mangaku memiliki peran memotivasi adanya program HKN 2018 ini.

Sebernarnya, khusus program Bekam Gratis kini telah berhasil dilaksanakan yang berlangsung sejak tanggal 3-4 Nopember kemarin. Pihak UKPP hanya menyediakan 120 kuota untuk seluruh santri yang tersebar di masing-masing blok di PP. Annuqayah daerah Lubangsa. Namun hingga hari pelaksanaan pembekaman, hanya sebagian santri yang hadir, yaitu sekitar 69 orang, selebihnya telah dianggap hangus. “ya meskipun demikian, alhamdulillah inovasi dari UKPP mendapat respon positif dari teman-teman santri.” Katanya.

Dikonfirmasi mengenai terlaksananya program ini, juga tidak lepas dari peran Perawat yang telah memberikan surat rekomendasi terkait hal-hal yang perlu dibenahi dalam meningkatkan kesehatan santri di PP. Annuqayah daerah Lubangsa. Misalkan, perlunya melakukan bersih-bersih setiap hari di lingkungan sekitar tempat tinggal santri dalam menjaga kesegaran tubuh santri.

Pria kelahiran Sumenep itu menambahkan, meskipun program tersebut masih belum sepengetahuan Pengasuh dan sumber dananya pun berasal dari penghasilan transaksi penjualan ramuan buatan UKPP sendiri, bila nanti mendapat dukungan dari Pengasuh setelah melaporkan program inovasi itu, dirinya berkomitmen akan dijadikan program rutin di tahun-tahun mendatang sekaligus akan ada penambahan dana dari pesantren.

Di samping itu, untuk program pemberian Jamu Gratis akan dilaksanakan tepat pada tanggal 12 Nopember mendatang sekaligus pemberian hadiah juara Adipura Blok yang penilaiannya sudah berlangsung sejak Jum`at (2/11) kemarin.

“Program adipura blok di sini, sebenarnya lebih menitikberatkan pada pentingnya meningkatkan kebersihan santri. Saya lihat, saat ini masih ada sebagian bilik-bilik yang kumuh. Makanya, kami mengajak bagaimana santri terus bahu-membahu membersihkan lingkungannya. Paling tidak ya di kamarnya sendiri dulu, baru kemudian di Lubangsa secara umum” tuturnya.

Terakhir, ia berharap bagi setiap santri agar terus berupaya mendukung kelestarian di lingkungan Lubangsa untuk meraih kenyamanan bersama. “mari kita saling sadar dan menyadari. Sesuai dengan jargon (UKPP HKN 2018, red) kita Lubangsa Bersih, Lubangsa Sehat” pungkasnya.


Penulis : Ainor Rahman

Editor : Abd. Warits

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak