Program Bersama Native Speaker dari Amerika Serikat

0
432

Berhadapan dengan David Wing, sebagai Native Speaker yang berasal dari Amerika Serikat bagi pelajar pemula Bahasa Inggris. Tentu, menjadi momen istimewa, dan sebagai stimulasi bagi Anggota Biro Pengembangan Bahasa Asing (BPBA) Bidang Bahasa Inggris untuk semakin giat berbahasa inggris.

Pengurus BPBA Bidang Bahasa Inggris khususnya Departemen Pengembangan sebagai suatu divisi yang bertanggung jawab atas perkembangan iklim Bahasa Inggris bagi Siswa Tsanawiyah dari kelas dua sampai kelas tiga dan anggota BPBA Bidang Bahasa Inggris, tidak ragu-ragu untuk membujuk seorang Native Speaker yang menetap di Annuqayah itu sebagai relawan mengajar Bahasa Inggris di SMA Annuqayah untuk menghadiri acara Tutorial Program yang dilaksanakan pada hari Ahad 06 Nopember 2016 yang bertempat di Aula Lubangsa.

Pada pukul 19.30 WIB, acara tersebut langsung dimulai. Para siswa English Camp dan anggota BPBA Bahasa Inggris berbondong-bondong untuk menghadiri acara istimewa it. Saat mereka sudah sampai di dalam ruangan, mereka dipetak menjadi 7 kelompok masing-masing terdiri dari 17-21 orang.

Materi yang disampaikan oleh David Wing tidak hanya dijelaskan secara teoritis, tapi setelah itu David menyuruh mereka untuk mencoba memperaktikkan apa yang telah dipelajari beberapa menit lalu. Acara itu terlaksana kondusif karena di tepi ruangan, ada sejumlah anggota Best (Be A Smart Trainer) dan Pengurus BPBA Bidang Bahasa Inggris yang mengawasi berjalannya acara tersebut.

Bagi David kesulitan mengajari anggota BPBA membuat para peserta mengerti tentang apa yang dia ingin katakan pada mereka di Tutorial Program, dirinya mengaku kurang fasih berbahasa Indonesia, sebab beberapa dari sekian banyak peserta masih sangat kesulitan memahami komunikasi dengan bahasa inggris. “Mengajari pelajar pemula sungguh sulit sekali. Pasti mereka tidak akan mengerti apa yang saya jelaskan kalau tidak saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Sedangkan saya masih tahu sedikit tentang ungkapan-ungkapan bahasa Indonesia.” Ujar David saat ditemuui kemarin. Namun, dia sangat siap untuk terus menghadiri acara tersebut, meskipun ini mejadi acara rutin setiap setengah bulan sekali.

Bagi Ahmad Muhlis, Koordinator Departemen Pengembangan sekaligus sebagai penyelenggara acara ini mempunyai harapan besar untuk meningkatkan rasa antusias para pelajar Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa. Hal ini sudah berhasil dia buktikan dengan terealisasinya acara Tutorial Program ini yang kedua kalinya setelah dilaksanakan juga pada Bulan Oktober lalu. “Kalau saya, yang penting para peminat Bahasa Inggris bisa termotivasi untuk semakin giat memperdalam, pasti saya akan ladeni apa maunya.”

Setelah 1jam 20 menit berlalu, acara ini segera diakhiri karena bel yang menandakan waktu makan untuk santri sudah berdering dan David tidak bisa tidur terlalu larut malam agar bisa datang ke SMA Annuqayah dengan tidak terlambat untuk mengajar. Pada pukul 20:50 acara Tutorial Program diakhiri. Peserta berbodong-bondong meninggalkan lapangan dan ada sebagian menyempatkan diri untuk berfoto bersama David Wing.


Penulis  : Michael

Editor    : Misbahul Munir

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak