Rawat Tradisi Lokal, Iksabad Gelar Pertunjukan Tong-Tong Tradisional

0
165
Penampilan Putra Garnying dalam Pertunjukan Tradisional Iksabad

Lubangsa_Salah satu usaha merawat tradisi lokal di tengah masyarakat, organisasi otonom Ikatan Keluarga Santri Batang-batang Dungkek (IKSABAD) gelar pertunjukan musik tong-tong seusai pembukaan acara, Kamis (22/04) malam. Grup tong-tong tradisional dari desa Kolpo, Batang-Batang ini cukup antusias dalam memeriahkan pembukaan acara Iksabad Mengaji dan Mengabdi. “Penampilan tong-tong disaat pembukaan acara memang biasa dilaksanakan. Ini salah satu usaha merawat dan menyegarkan tradisi lokal di masyarakat kita,” ungkap Faiki Hakiki, ketua Iksabad di periode kemarin.

Para undangan, anggota dan pengurus Iksabad dengan penuh rasa senang menonton penampilan musik tong-tong tersebut, sebab penampilan musik tong-tong  membawa ingatannya pada sejarah masa lalu, “Lagu yang dinyanyikan mengingatkan saya saat masa kecil,” ucap Rofik, santri asal Dungkek di sela penampilan.

 Lagu yang dibawakan tidak hanya lagi Islami saja, temasuk lagu tradisional Madura yang mulai pudar dalam ingatan masyarakat. Acara pertunjukan pun berlansgung khidmad, dari aparat desa dan masayarakat sekitar Balai Totosan menyaksikan pertunjukan itu. 

Terakhir penampilan, dari grup tong-tong yang mempunyai julukan Putra Gharnying tersebut akhirnya pindah tempat kepanggung utama acara untuk menampilkan lagu terakhir kalinya. Sebagian pengurus juga ikut nimbrung di depan menjadi salah satu vokalis dengan menyanyikan lagu Tandu’ Majheng.


Penulis; Nibrosi

Editor; Moh. Ali Fikri

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak