Salurkan Zakat Fitrah, Gapai Berkah di Bulan Barokah.

0
243
Pengurus Iksaj berpose bersama setelah pembagian zakat fitrah.

Lubangsa_Ikatan Santri Annuqayah Jawa (Iksaj), memanfaatkan Bulan Ramadhan dengan melaksanakan pembagian zakat fitrah pada Ahad, (2/05), kepada warga yang kurang mampu di Dusun Sumber Nangka, Sukogidri, Ledokombo, Jember. Hal tersebut cukup berbeda dengan acara Iksaj yg biasa dilaksanakan pada Bulan Ramadhan sebelumnya. Fakir-miskin yang terdata oleh panitia, khusus Dusun Sumber Nangka tersebut ada 33 orang, dengan rincian 30 perempuan dan 3 laki-laki.

Acara tersebut sengaja dirancang  untuk menunaikan ibadah suci yang ada di bulan penuh dengan barokah tersebut. Hal ini diungkapkan oleh ketua panitia, Moh. Akbar Hidayatullah,  bahwa  kegiatan ini tidak lain sebagai bentuk kepedulian antar sesama manusia di tengah-tengah pandemi. “Kegiatan ini adalah untuk menunaikan salah satu ibadah di bulan Puasa,” ungkap santri asal Sumberanget tersebut saat pelaksanaan kegiatan.

Hal senada juga  disampaikan oleh Moh. Izzul Ilmi selaku Setering Comite SC. Izzul Mengungkapkan bahwa kegiatan pembagian zakat fitrah ini ternyata dapat memberikan sumbangsih sosial di tengah-tengah musim pandemi yang masih belum usai. Belum lagi bagi kaum fakir-miskin yang memang kebutuhannya pas-pasan.

Moh. Hafil Mangkudilaga selaku ketua Iksaj memiliki berpandangan lain. “Pemberian zakat ini secara nampak adalah untuk menyucikan diri, selain itu juga memberikan pelayanan sosial pada kaum duafa.” Ujar santri yang aktif di Sanggar Andalas Lubangsa tersebut.

Acara yang banyak memakan waktu tersebut diharapkan bisa menjadi dorongan kuat antar sesama manusia yang kurang mampu, dengan begitu kegiatan pembagian zakat fitrah mampu manjadi kegiantan pembuka yang bernilai positif. “Semoga niat ini tulus,” tambah Hafil Mangkudilaga.


Penulis; Ikrom Firdaus

Editor; Muhtadi

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak