Santri Lubangsa Bersih-Bersih Sebelum Pulang Kampung

0
312

Lubangsa_seperti biasa sebelum pulang berlibur santri pondok pesantren Annuqayah daerah Lubangsa bersih-bersih di semua tempat, baik di biliknya dan di halaman pondoknya masing-masing sesuai dengan intruksi pengurus Kebersihan.

Kemarin (29/8) menurut Fayrozi, santri asal Longos Gapura itu mengaku antusias sekali menyambut liburan, menurut Fay, sapaan akrabnya santri memang dibiasakan untuk membersihkan pondoknya, karena bersih  itu indah, katanya, selain itu menurut hadist nabi bersih itu sebagian dari iman, “ya bersih-bersih ini diniatkan untuk membersihkan  hati  yang kotor,” katanya kepada Lubangsa.org.

Setelah dikonfirmasi kepada pengurus Harian, menurut Moh. Romli, sekretaris Pesantren mengaku bahwa kebersihan sudah dimulai sejak hari senin (28/8) terutama menguras bak kamar mandi yang kotor, sedang di hari H santri difokuskan untuk menyapu dan bersih-bersih di halaman pondoknya dan di masjid jamik serta di sepanjang jalan pondok, “saat ini kita hanya nyapu dan membersihkan semua bilik masing-masing,” katanya di depan kantor pesantren.

Hal itu dibenarkan oleh Masyhuri, ketua pengurus yang sekaligus mantan Mudir MD. BTT itu membenarkan adanya antusiasme santri dalam menyambut liburan Idul Adha, “nanti santri ketika balik pondok harus bawa sapu lidi,” katanya kepada Lubangsa.org.


Penulis: Muhammad Fathur Rozi

Editor: Jamalul Muttaqin    

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak