Santri Lubangsa Helat Buka Bersama di Bulan Muharram

0
89
RAMAI: Santri PP. Annuqayah daerah Lubangsa helat buka bersama di Bulan Muharram (29/8) kemarin. Foto: For Lubangsa.org.

Lubangsa_Bulan Muharram adalah bulan ditunggu-tunggu oleh umat muslim, lebih-lebih santri Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa. Dalam menyambut bulan Muharram 1442 H, santri di PP. Annqayah Lubangsa berpuasa secara serentak. Berpuasa di bulan Muharram terutama tepat pada Tasu’ah dan Asyuro merupakan  sunnah muakkad.  Sedangkan Tasu’ah dan Asyuro yang bertepatan pada hari Jumat dan Sabtu.

Sore itu (29/8) para santri tampak ramai, berbentuk perkumpulan di halaman Blok B guna mempersiapkan buka bersama yang dihelat langsung oleh Organisasi Daerah (Orda) masing-masing.

Organisasi Ikatan Keluarga Santri Timur Daya (IKSTIDA) ikut berpartisipasi dalam momen penting tersebut. “Momen Muharram ini ada setiap setahun sekali, sayang jika tidak diadakan kumpul bersama dengan acara buka bersama ini,” ungkap Ahmad Fawaid selaku salah satu ketua Organisasi Daerah tersebut.

Hairud Tijani, selaku salah satu anggota organisasi daerah tersebut menyambut gembira hal ini, menurutnya dengan diadakannya buka puasa para santri bisa berkumpul dan bersilaturrahim, sehingga tali persaudaraan antar anggota tetap terjalin sesuai dengan yang diharapakan.

“Antusiasme dari seluruh santri dalam berpuasa dan menjaga tali silaturrahim sangat penting dijaga. Pasalnya, tanpa silaturrahim kita tidak bisa mengenal dan mengetahui satu sama lain.  Di lain sisi, silaturrahim juga yang membuat hidup kita lebih berkah,“ pungkas santri asal Batang-batang tersebut yang sekarang menjabat sebagai ketua organisasi daerah IKSTIDA.


Penulis: Khairur Raziqin

Editor: Abd. Aziz

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak