Tingkatkan Kualitas Media, Pengurus Pers Laksanakan Karantina Keredaksian

0
381

Lubangsa Putri – Dalam rangka meningkatkan kemampuan santri dalam bidang pengelolaan media, Pengurus Pengembangan Pers PP. Annuqayah Lubangsa Putri menggelar kegiatan Karantina Keredaksian, yang dilaksanakan pada tanggal 13-15 November 2017 kemarin. Pada pelaksanaannya, Pengurus Pengembangan Pers menggandeng seluruh kru Media yang ada di Lubangsa Putri, baik berbentuk majalah ataupun buletin sebagai peserta aktif kegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini, diisi dengan tiga materi wajib yang disampaikan oleh pembicara khusus yang kompeten di bidangngya. Materi I, Pengenalan Job Description Kru dan Rubrikasi Media disampaikan oleh Nuri Khalishatuin Nafisah, mantan ketua Lembaga Pers Mahasiswa Instika tahun 2015, Materi II, Pengenalan Jurnalistik Dasar dan Pengenalan Jenis Tulisan, disampaikan oleh Bapak Abd. Warits, salah satu Dosen Instika sedangkan materi terakhir dengan fokus kajian Managemen Keredaksian Dan Jurnalistik Investigatif disampaikan oleh Syamsuni, yang saat ini berprofesi sebagai Dewan Redaksi Koran Madura.

Tak hanya itu, selama tiga hari penuh, kegiatan diselingi dengan diskusi bersama prihal perencanaan media, mulai dari penentuan tema (bagi yang masih belum merampangkan), perumusan out line dan time line dan diakhiri dengan presentasi peta kerja media. Mengawali kegiatan, seluruh pesrerta diajak untuk menyegarkan pikiran melalui diskusi umum dengan tema Prospek dan Masa Depan Media Pesantren.

Fadhilatul Aini, koordinator pengurus Pengembangan Pers mengungkapkan bahwa, dengan adanya kegiatan ini diharapkan aktifitas penerbitan di Lubangsa Putri menjadi terarahkan. Karena berdasarkan pantauannya, sebagian besar dari pengelola media yang ada, masih belum sepenuhnya mengikuti prosedural penerbitan media.  Melalui kegiatan ini pula, pihaknya selaku penanggungjawab aktifitas pers pesantren hendak merangkul seluruh kegiatan pers Lubangsa, sesuatu yang saat ini masih sulit untuk diwujudkan. Dirinya juga menyampaikan bahwa targetnya setelah selesainya kegiatan ini, seluruh media yang ada di Lubangasa Putri dapat langsung terjun lapangan karena out line dan time line dari media masing-masing sudah dirumuskan melalui adanya kegiatan ini.

“Walaupun kegiatan ini telah berakhir, kami tetap mengupayakan untuk terus mengontrol sejauh mana perkembangan masing-masing media. Sebagai penanggungjawab aktifitas Pers Lubangsa Putri kami siap menerima keluh kesah serta konsultasi dari kalian, kapanpun.”, pungkasnya, mengakhiri perjumpaan bersama seluruh peserta Karantina pada malam Kamis(15/11) kemarin.


Penulis: Imroatul Hasanah

Editor: Fadhilatul Aini

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak