Tingkatkan Kualitas Pustakawan Melalui Kegiatan Wajib Baca

0
559

Lubangsa Putri_Mempertegas posisinya sebagai jantung pengetahuan, Perpustakaan PP. Annuqayah Lubangsa Putri melaksanakan beragam kegiatan yang berorientasi mengasah kemampuan intelektual. Tidak cukup pada kegiatan yang dapat menarik minat baca santri, Perpustakaan juga merealisasikan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan pustakawan, sebagai penyaji informasi kepustakaan.

Seperti halnya kegiatan yang baru dilaksanakan awal bulan ini berupa program Wajib Baca, program baru yang direalisasikan dengan mewajibkan pengurus Perpustakaan menghatamkan satu buku setiap satu minggu. Program ini dinilai sangat penting, mengingat tugas Pustakawan yang tak sekadar menyajikan bahan bacaan, melainkan juga memberikan arahan dan menyajikan beragam pengetahuan. Sebagi evaluasi, setiap akhir pekan pengurus Perpustakaan mempresentasikan dan mendiskusikan kembali hasil bacaannya dalam forum Komunitas Cinta Buku.

Tidak hanya berbentuk presentasi, hasil bacaan juga disampaikan  dalam bentuk tulisan yang dipublikasikan dalam selebaran KCB yang terbit satu minggu satu kali. Mendukung realisasi kegiatan, pengurus perpustakaan mendapatkan keringan diperbolehkan membawa satu koleksi bahan pustaka ke luar Perpustakaan.

“Keinginan untuk membaca mestinya tidak hanya muncul karena diprogramkan, melainkan berdasarkan keinginan yang kuat dari dalam diri kita masing-masing. Lebih-lebih bagi pengurus perpustakaan sebagai orang-orang pilihan yang memang seharusnya akrab dengan literatur-literatur keilmuan”, Nur Fadiah Anisah ketua perpustakaan menegaskan. Dirinya juga mengharapkan kegiatan ini dapat eksis hingga akhir periode nanti.


Penulis: Fadhilatul Aini

Editor: Wasilah Salim

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak