Tumbuhkan Minat Baca Dengan Meet Me At The Library

0
237
Pembukaan peringatan Hari Raya Buku di Serambi blok D. (01/03/21)

Lubangsa Putri- Pengurus Perpustakaan PP. Annuqayah Lubangsa Putri laksanakan kegiatan Meet Me at The Library dalam rangka memperingati Hari Raya Buku pada Kamis, 01 Maret 2021.

Pagi tadi, Perpustakaan  dipenuhi oleh pengunjung. Para santri antusias mengunjungi perpustakaan dengan nuansa yang berbeda dari sebelumnya. Berdasarkan penuturan Uzlifatul Jannah “Sebenarnya kegiatan ini untuk memperingati Hari Raya Buku di bulan April. Namun karena liburan, jadi kami agendakan kegiatan berbentuk peringatan dengan konsep berbeda dan belum pernah ada di Lubri sebelumya. Alasannya ya, agar teman-teman santri senang mengunjungi Perpustakaan untuk membaca buku. Meet Me at The Library begitu kami menamai kegiatan ini.” Tuturnya.

Meet Me at The Library merupakan kegiatan sehari bersama buku. Dalam sehari ini, kami isi dengan beberapa kegiatan seperti Culas (Cerita dan Ulas Buku), nonton video tentang sains dan budaya, dan nonton bareng (Nobar) sebagai penutup di malam puncak.” Tutur Ulfatul Maghfiroh, Ketua Perpustakaan.

Ide kegiatan tersebut muncul sebab Pengurus Perpustakaan menginginkan agar para santri tidak bosan ketika mengunjungi Perpustakaan dan tidak terkesan berpikir berat. “Yaa.. kami ingin mereka merasa senang berkunjung ke Perpustakaan, bukan malah merasa berat. Dan Alhamdulillah mereka bisa menikmati membaca sambil bermain saat kegiatan ini berlangsung.” Tambah Ulfatul Maghfiroh.

Kedai Kopi dan gratis voucher foto sekali jepret juga menarik perhatian pengunjung. Menurut salah satu Pengurus Perpustakaan, Siti Nasifah Afiana mengungkapkan “Kedai ini sangat membantu. Teman-teman jadi senang ke Perpustakaan. Apalagi, kami sediakan tempat di ruang terbuka untuk santri membaca buku dan berpose, mereka bisa lebih bebas dan menikmati.” Ujarnya.

Sealin itu, Pengurus Perpustakaan juga membagikan stiker bagi 50 pembeli pertama kopi di Kedai Kopi milik Perpustakaan. “…Sekarang sudah kami bagikan stiker secara cuma-cuma bagi pengunjung Perpustkaan hari ini” Tambah Siti Nasifa Afiana ketika ditemui sedang membagikan stiker kepada  para santri.

Beberapa santri berkelompok mendiskusikan buku  dan bermain di area terbuka yang diberi hiasan-hiasan menarik. Area ini bertempat di Serambi Blok D (Depan Ruang Perpustakaan). “…Lebih santai bak, kalau di dalam agak panas. Di sini santai sambil minum kopi dan foto-foto gratis” Ucap  salah satu santri saat ditanya kesannya saat ditemui membaca buku di Serambi blok D.


Penulis: Nurul Iman

Editor: Zakiyatu Miskiyah

 

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak