Ujian BPBA Bidang Bahasa Inggris Berjalan Sukses

0
489

Selasa (26/04) pagi hingga Rabu (27/04) pukul 05:30 WIB pengurus Biro Pengembangan Bahasa Asing (BPBA) Bidang Bahasa Inggris sukses menyelenggarakan ujian evaluasi kegiatan belajar mengajar ECL (Englis Camp of Lubangsa) yang sudah berjalan selama kira-kira delapan bulan. Ujian dengan tes tulis dan tes lisan hanya mengambil tingkat nilai kerajinan siswa.

Hari pertama ujian yang menggunakan tes tulis hanya 70% peserta yang hadir, disebabkan banyak diantara peserta tidak memenuhi kelayakan mengikuti ujian. Ketua tim penyelenggara ujian, RB. Abdul Gani, menjelaskan bahwa banyaknya peserta yang tidak hadir mengikuti ujian disebabkan alasan yang tidak bisa disangkal. “Itu merupakan suatu hal yang wajar, biasa masih tahap awal, mesti banyak kekurangan kan. Tapi sebisa mungkin semuanya akan kami benahi diprogram yang selanjutnya. Biarlah ini sebagai bahan evaluasi mengenai kegiatan selama hampir satu tahun.” Ujarnya koordinator Departemen Pendidikan BPBA Bidang Bahasa Inggris periode 2015-2017 M.

Tetapi pada hari berikutnya, para tim merasa bangga akan perkembangan anak didiknya, terbukti saat diuji tes lisan dengan menyebutkan kosa kata dan expression yang mereka hafal kepada tutornya masing-masing. Para tutor bersyukur melihat siswanya lancar menyebutkan kosa kata yang mereka hafalkan, meski dimulai dengan kosa kata yang amat gampang. Ach. Helmi, turor kelas 1A mengaku bangga dengan usaha anak didiknya.  “Lucu sekali! Soalnya yang dihafalkan siswa-siwa saya hanya berputar-putar di Days and Months. Tapi tidak apa-apalah. Itu lebih baik daripada yang tidak sama sekali.” Terangnya saat ditemui dikamarnya.

Begitupun dengan tutor yang lain, pun merasa puas karena siswanya mendapatkan nilai yang memuaskan dari siswa-siswa yang dibimbingnya. Ujian tes tulis dan tes lisan tidak hanya akan dijadikan sebagai evaluasi kecakapan para siswa dalam menguasai Bahasa Inggris. Namun, sebagai evaluasi kepada pengurus BPBA Bidang Bahasa Inggris untuk mengelola lembaga BPBA dan ECL sehingga tumbuh kader-kader mahir berbahasa ingris. “Hal ini juga dapat dijadikan evaluasi bagi kita juga, agar BPBA ini menjadi lebih maju dan terarah.” Ungkap Musfiq Arifqi, salah satu pengurus yang sudah  menjabat tiga tahun di  BPBA Bidang Bahasa Inggis. [Michael]


Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak