Ujian Semester Genap (USG) Madrasah Diniyah Baramij At-Tarbiyah Wa Al-Ta’lim (MD.BTT) Terlaksana Sesuai Harapan

0
495

Lubangsa_ kemarin (14/04/2018), Madrasah Diniyah Baramij At-Tarbiyah Wa Al-Ta’lim (MD.BTT) PP. Annuqayah daerah Lubangsa melaksanakan ujian semester genap yang dimulai sejak malam ahad (14/04/2018) hingga malam sabtu (20/14/2018) yang bertempat di ruangan MA 1 Annuqayah. Ujian semester Genap ini sebenarnya akan dimulai sejak malam sabtu (13/04/2018), namun karena ada beberapa kendala, akhirnya ujian ditangguhkan ke malam ahad. “ujian kali ini ditangguhkan, karena malam sabtu berbenturan dengan acara Peringatan Isra’ Mi’raj  yang dilaksanakan oleh Pengurus P2O” jelas al-ustaz Sutikno, Ketua Panitia Ujian semester Genap.

Pada malam Ahad (14/04/2018) Ujian semester genap dilaksanakan bagi siswa Madrasah Diniyah tingkat Wustha (MA Sederajat). Ujian semester Genap ini dilaksanakan setelah shalat berjama’ah isyak (jam belajar PPA. Lubangsa, red). Ujian ini berlangsung selama satu minggu yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu tiga malam pertama untuk siswa Wustha dan tiga malam yang terakhir untuk siswa ula (MTs sederajat).  Sementara itu, tujuan dilaksanakannya ujian semester genap ini lebih awal karena liburan ramadan sudah dekat. Sebagaimana yang diungkapkan oleh al-ustaz Muayyasyi,“ujian semester genap dilaksanakan minggu ini, karena liburan hampir dekat. Selain itu, kami juga takut berbenturan dengan ujian di sekolah formal, sehingga kami langsung bergerak cepat” ungkap Mudir Madrasah Diniyah PP. Annuqayah daerah Lubangsa itu kepada kru Koran Lubangsa.

Sementara itu, materi yang diujikan pada semester genap kali ini meliputi Tafsir, Fiqih, Ilmu tajwid, Ilmu nahwu, Hadits, Tauhid untuk marhalah Wustha. Sedangkan, untuk marhalah ula meliputi Tauhid, Fiqih, Tajwid, Akhlak, Ilmu Sharraf, Ilmu Nahwu. Keenam materi tersebut dibagi menjadi dua jam pelajaran setiap  malam. Di tengah-tengah ujian yang sedang berlangsung, sebagaimana tradisi yang biasa dilaksanakan pada setiap kali dilaksanakan ujian, Pengurus Madrasah Diniyah tidak hanya melaksanakan ujian materi saja kepada siswanya, melainkan juga melakukan upaya untuk menertibkan siswa Madrasah Diniyah melalui kerja sama dengan Pengurus Blok, Pengurus keamanan dan Ketertiban (KAMTIB)  tentang bagaimana tertibnya kerapian rambut dan kuku yang masih panjang. Ujian semester genap kali ini berakhir pada malam sabtu (20/04/18).


Penulis : Abd. Warits

Editor   : Abd. Aziz

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak