Utamakan Pencegahan, Pulih Sehat Lakukan Pemeriksaan Massal

0
352
Proses pemeriksaan massal bersama perawat ruang Pulih Sehat. Foto: Ay Khalid

Lubangsa Putri – Pulih Sehat menggelar pemeriksaan massal selama dua bulan, sejak Oktober bulan lalu dan direncanakan akan berakhir akhir November bulan ini. Pemeriksaaan dilakukan dalam rangka mendeteksi gejala penyakit yang diderita santri. Pemeriksaan massal ini dilakukan pada pagi, sore, dan malam hari disesuaikan dengan urutan kamar.

Pengurus Kesehatan yang membawahi Ruang Pulih Sehat memiliki fungsi mengobati dan mencegah. Salah satu wujud dari fungsi utama tersebut adalah pemeriksaan massal yang dilakukan dengan kerjasama dengan alumni yang memiliki pengetahuan khusus di bidang kesehatan.

Sebelum melakukan pemeriksaan massal, Pengurus Kesehatan menyebarkan blanko di setiap kamar. Blanko tersebut diisi keluhan-keluhan penyakit santri.

“Beberapa santri memiliki gejala penyakit serius, sebagian lagi memiliki masalah dengan pencernaan dan sebagian besar “hanya” pusing, dan gejala-gejala ringan lainnya”, ungkap Erliyana (11/11), Pengurus Kesehatan PPA. Lubri.

Tindak lanjut dari pemeriksaan ini adalah pengobatan. “Selama kami dapat mengatasi, kami usahakan pemeriksaannya di sini. Di luar kemampuan kami, baru santri boleh pulang dan ditangani dokter ahli”, ujar Nur Fadhilah (11/11), penanggung jawab pemeriksaan tersebut.

Di akhir wawancara, Nur Fadhilah mengungkapkan, tidak ada yang mengharapkan santri sakit. Hal ini dilakukan dalam rangka pencegahan. Sebagaimana dalam semboyan, sedia payung sebelum hujan.


Penulis: Nur Fadiah Anisah

Editor: Fadlilatul Ayni

Silahkan Berkomentar Di Sini Secara Bijak